Strategi Pasar APM

    Target Pembiayaan Otomotif Grup Astra, Tak Ingin 'Emosional'?

    Ahmad Garuda - 22 November 2019 16:00 WIB
    Target Pembiayaan Otomotif Grup Astra, Tak Ingin 'Emosional'?
    Astra Group tak pasang target emosional untuk pembiayaan otomotif di 2019. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Pembukaan Astra Auto Fest 2019, menjadi momentum bagi seluruh perusahaan di bawah Astra Group menggelontorkan strategi penjualannya secara gamblang. Meski harus melalui skema pembiayaan yang diketahui jadi ciri khas pasar otomotif Indonesia sekarang ini, namun mereka menyatakan siap dengan itu.

    Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF Group) Margono Tanuwijaya melalui keterangan persnya mengatakan, bahwa target pembiayaan yang mereka canangkan adalah sekitar 75 persen dari total transaksi selama di Astra Auto Fest 2020 yang sekitar 100 unit sepeda motor.

    Saat ini, pembiayaan untuk sepeda motor Honda hingga Oktober 2019 sebesar 52,6% dari total penjualan secara kredit. Dari total penjualan sepeda motor Honda sepanjang Januari hingga Oktober 2019, sekitar 65% menggunakan skema kredit.

    Sementara itu, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto menyambut baik dilaksanakannya Astra Auto Fest 2019. Sebab hal itu akan semakin mendorong penjualan Daihatsu hingga akhir tahun. “Oktober kemarin sebenarnya (penjualan) sudah membaik, naik tinggi dibanding September. Itu indikasi positif jadi akan kita dorong lebih baik lagi,” ujarnya.

    Tercatat, penjualan ritel Daihatsu mengalami pertumbuhan sebesar 18,8% dari 13.112 unit di September menjadi 15.578 unit di Oktober 2019. “Kebetulan Oktober kemarin suplai sudah membaik dari yang sebelumnya sempat tertahan. Jadi kita bisa suplai lagi. Momennya juga bagus, hari kerja lebih banyak dibanding September sehingga penjualan bisa lebih baik,” tukasnya.

    Ia menambahkan, dengan melihat penjualan yang mulai positif di Oktober, Supranoto optimistis penjualan Daihatsu hingga akhir tahun bisa sesuai ekspektasi.

    Sementara itu, Deputy Chief Executive Astra Motor Octavianus Dwi P menjelaskan, kontribusi perusahaan pembiayaan mencapai 60% dari total penjualan sepeda motor Honda. Soal acara ini, pihaknya tidak mematok target penjualan. “Untuk acara ini, lebih penting mengenalkan layanan Astra kepada konsumen. Orang bisa lihat semua kebesaran Astra.”

    Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Astra Credit Companies (ACC) Siswadi menyatakan, untuk mendukung penjualan otomotif produk Astra di tengah melemahnya pasar otomotif nasional saat ini, ACC akan fokus pada proses kredit yang tepat.

    Selain itu, ACC juga akan menawarkan kemudahan kepada customer yang ingin mengurus pengajuan kredit motor. Melalui kemudahan proses pengurusan kredit, pengambilan unit atau mobil bisa meningkat. Meski demikian, kemudahan proses yang ditawarkan tersebut akan disesuaikan dengan permintaan inisiatif di dilernya.

    Dia beralasan, masing-masing produk memiliki strategi sendiri-sendiri. Dia mencontohkan, penjualan produk komersial tentunya akan berbeda dengan kendaraan penumpang. “Kita akan menyesuaikan permintaan dari diler dengan baik,” ujar Siswadi usai pembukaan acara tersebut di BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (22/11).

    Selain kemudahan yang ditawarkan kepada customer, ACC juga akan menjalin sinergi dengan diler terkait pemberian informasi mengenai customer, terutama mereka yang memiliki riwayat kredit baik dan yang kreditnya sudah akan selesai. Meski demikian, Siswadi menegaskan pihaknya tetap mengutamakan sikap kehati-hatian dalam penyalurannya. Terlebih lagi, di tengah kondisi perekonomian saat ini yang tak menentu.

    Di tengah pasar otomotif lemah, lanjutnya, ACC tidak akan berambisi mengenjot penyaluran kredit secara masif. Menurut dia, langkah tersebut dikhawatirkan justru menciptakan kualitas yang buruk. “Kita tidak menghendaki customer mengambil kredit secara emosional. Tetap harus rasional,” ujarnya.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id