Infrastruktur Kendaraan Listrik

    Delta Bikin Ultra-fast Charger untuk Kendaraan Listrik di Indonesia

    Ahmad Garuda - 23 Januari 2020 18:22 WIB
    Delta Bikin Ultra-fast Charger untuk Kendaraan Listrik di Indonesia
    Ultra Fast Charging produksi Delta Electronics, mampu mengisi baterai untuk jarak tempuh kurang lebih 100 km hanya dalam waktu 10 menit. DE
    Jakarta: Hampir semua produsen mobil dunia, kini sudah memproduksi mobil listrik. Bahwa beberapa merek seperti Nissan, Toyota, Mitsubishi sudah meraup penjualan dengan angka yang cukup fantastis. Di Indonesia, komitmen untuk kendaraan listrik dari pemerintah sudah cukup besar, namun kendala infrastruktur untuk pengisian baterai masih jadi masalah utama.

    Melihat peluang ini, perusahaan pembangkit listrik milik negara Indonesia (PLN) meluncurkan Delta Electronics 150kW ultra-fast charger (UFC). Ini adalah unit pertama di seluruh negara di Asia Tenggara.

    Sebelumnya, charger cepat EV rata-rata dapat menambah jarak mengemudi sekitar 35 km per jam. Dengan super-fast charger baru yang dikembangkan dan diproduksi oleh Delta Electronics ini dapat menambah jarak tempuh jadi 100 km ke model EV terbaru dalam waktu kurang dari 10 menit.

    Uji coba ini menunjukkan betapa cepat, aman dan nyamannya pengisi daya super cepat bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia dan memberikan gambaran sekilas ke masa depan dari infrastruktur kendaran listrik negara tersebut.

    Delta Bikin Ultra-fast Charger untuk Kendaraan Listrik di Indonesia

    “Super-fast charger yang terpasang di tempat publik adalah kunci bagi bertumbuhnya pasar kendaraan listrik di Indonesia karena semua orang dapat dengan percaya diri memilih kendaraan listrik ketika Anda memiliki pengisi daya yang meningkatkan jangkauan mengemudi dalam hitungan menit. Hal ini dapat menghilangkan berbagai kecemasan dan sekaligus memenuhi kebutuhan gaya hidup kita yang sibuk,” kata Senior Business Development Director Delta Electronics di Asia Tenggara, Johnny Tam melalui keterangan resminya.

    Ia melanjutkan bahwa instalasi strategis di stasiun fast charging di tempat umum telah membantu meningkatkan skala yang mendukung adopsi kendaraan listrik di banyak negara. Ia pun percaya ini akan bekerja di Indonesia juga.

    Johnny Tam mengutip contoh negara dengan kendaraan listrik terbanyak yaitu di Tiongkok. Alih-alih mensubsidi pembelian kendaraan listrik, pemerintah Cina sekarang berfokus pada pembangunan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik dan berencana membangun hingga 500.000 outlet pengisian daya kendaraan listrik umum untuk melayani 5 juta kendaraan listrik di tahun 2020.

    Cina memimpin adopsi kendaraan listrik di dunia dan hari ini jumlahnya telah mencapai hampir setengah dari mobil listrik yang ada di dunia menurut Badan Energi Internasional (IEA).

    Pengisi daya cepat DC yang terstandarisasi memiliki daya keluaran 50 kW. Sebaliknya, terobosan Delta Ultra Fast Charger (UFC) dapat meningkatkan daya hingga 100kW dan 150kW yang menjadikannya solusi fleksibel dan siap menyesuaikan kebutuhan di masa yang akan datang untuk infrastruktur e-mobilitas Indonesia yang sedang berkembang.

    Selain itu, Delta UFC juga dapat menyediakan pengisian daya AC / DC hingga 4 mobil secara bersamaan. Tentu suatu kemajuan teknologi yang belum tertandingi oleh pabrikan lainnya.

    Tetapi perlu diketahui UFC berdaya listrik sangat tinggi ini belum muncul di banyak stasiun pengisian lantaran dapat mempengaruhi stabilitas jaringan listrik apabila infrastruktur tidak memadai.

    Untuk menyiasatinya, operator dapat memasang penyimpanan energi dan sistem pengkondisian daya untuk membantu menyeimbangkan jaringan dan memasok daya cadangan sesuai kebutuhan.

    Delta Electronics telah berhasil mengaplikasikan stasiun ultra-fast charging untuk kendaraan listrtik di Swedia, Finlandia, Belanda dan banyak negara lainnya. Kali ini pula merupakan yang pertama mengirimkan UFC 150kW ke pasar global di Asia.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id