Safety Driving

    Berkendara di Musim Hujan, Siap Hadapi Aquaplaning

    Ekawan Raharja - 04 Desember 2020 09:00 WIB
    Berkendara di Musim Hujan, Siap Hadapi Aquaplaning
    Kondisi jalan tol saat hujan. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Memasuki musim hujan membuat pengemudi mobil harus mulai memperhatikan karakteristik jalanan yang berubah. Salah satu yang sangat terasa dan bisa saja ditemui adalah aquaplaning.

    Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), Sony Susmana, mengatakan salah satu tips berkendara secara aman saat memasuki musim penghujan adalah menghadapi kondisi aquaplaning. Kondisi ini merupakan kejadian ban kehilangan traksi saat melewati genangan air dalam kecepatan tinggi dan memberikan efek mobil serasa melayang di atas air bagi pengendaranya.

    Aquaplaning merupakan penyebab kecelakaan saat hujan karena pengemudi salah mengantisipasi kondisi ini. Sehingga kondisi ini harus dicermati dan diantisipasi dengan benar agar pengemudi tidak kehilangan kendali mobil.

    “Ketika berkendara saat turun hujan, yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan, pindah ke jalur lambat, dan amati kondisi sekitar. Kalau pandangannya kurang, bantu dengan menyalakan lampu utama," ungkap Sony melalui live Instagram di @Daihatsuind.

    Saat melewati genangan air antisipasinya adalah mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan, dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus dan tidak mengalami selip.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id