Industri Otomotif

    Ribuan Pegawai Daihatsu Tak Dapat Perpanjang Kontrak

    Ekawan Raharja - 20 Juni 2020 12:19 WIB
    Ribuan Pegawai Daihatsu Tak Dapat Perpanjang Kontrak
    Salah satu booth exhibition Daihatsu Casting Plant yang menampilkan teknologi peraga robotik. Daihatsu
    Jakarta: Di tengah Covid-19 yang cukup berdampak kepada bisnis Daihatsu membuat mereka harus melakukan berbagai cara efisiensi agar bisa bertahan di Tanah Air. Mereka pun akhirnya mengambil risiko dengan merumahkan seribu pegawai mereka.

    Anak usaha Grup Astra ini melakukan efisiensi berupa pemangkasan karyawan yang berstatus kontrak. Para pegawai yang dirumahkan ini adalah para pegawai kontrak yang masa kerjanya habis dan tidak diperpanjang oleh Daihatsu.

    "Saya tidak pegang angka pastinya. Sejauh ini belum banyak, baru seribuan," terang Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Jumat (19/6/2020) melalui webinar.

    Dia menjelaskan langkah ini mau tidak mau harus dilakukan karena kondisi sekarang ini belum menentu. Apalagi daya beli masyarakat akan otomotif hingga saat ini turun mencapai 40 persen dibandingkan tahun lalu.

    Selain itu, selama April 2020 pabrik tidak beroperasi. Sedangkan Mei dan Juni 2020 pabrik hanya memproduksi untuk kebutuhan ekspor, sedangkan kebutuhan domestik masih dicukupkan dari stok yang ada sekarang ini.

    Selain itu, wanita yang gemar wisata kuliner ini menegaskan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) Karyawan tetap dan pegawai kontrak yang masih ada masa kerjanya. Selain itu tidak ada juga penawaran pensiun dini bagi karyawan tetap yang sudah berusia di atas 50 tahun.

    "Jadi kalau sudah habis kontraknya tidak diperpanjang dulu. Tapi yang kontraknya masih ada ya tetap berjalan dan dibayar seperti biasa. Ditawarkan pensiun dini juga tidak ada," ucap Amelia.

    Ia menambahkan, saat ini semua masih bekerja dengan normal sesuai protokol Covid-19. Jadi saat ini, 50 persen bekerja dari kantor dan sisanya bekerja dari rumah. "Kami menunjukkan komitmen kami. Bahwa seperti yang pernah disampaikan, karyawan adalah aset," papar Amelia Tjandra.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id