Teknologi Otomotif

    Kia Punya Transmisi Manual Baru Khusus untuk Mobil Mild Hybrid

    Ekawan Raharja - 01 Juli 2020 13:32 WIB
    Kia Punya Transmisi Manual Baru Khusus untuk Mobil Mild Hybrid
    Kia kembangankan transmisi manual untuk mobil mild-hybrid. Kia
    Seoul: Kia melakukan sejumlah pengembangan komponen yang kemampuannya disesuaikan dengan kebutuhan mobil-mobil zaman sekarang. Kini mereka sudah memiliki transmisi manual khusus yang diperuntukan bagi mobil-mobil berteknologi mild-hybrid dan diklaim dapat meningkatkan efisiensi berkendara.
     
    Transmisi terbaru jenama asal Korea Selatan merupakan clutch-by-wire yang diberi nama Intelligent Manual Transmission (iMT). Nantinya transmisi ini akan mulai disematkan di model Kia Rio EcoDynamics 2021 yang sudah menggunakan teknologi mild-hybrid.
     
    Proses kerja transmisi ini tidak lagi menggunakan sistem kinerja mekanis, namun digerakan secara elektronik melalui modul. Mengingat transmisi ini akan langsung terhubung dengan sistem kerja mild-hybrid 48V yang ada di mesin.
     
    iMT beroperasi ketika mobil dibiarkan melaju dan pengemudi biasa meninggalkan transmisi di posisi semula untuk membantu mengurangi kecepatan secara perlahan. Ketika terdeteksi oleh iMT, sistem akan memberi sinyal menuju girboks, dan Mild-Hybrid Starter Generator (MHSG) mesin dimatikan serta transmisi melepaskan pelat kopling.
     
    Kia Punya Transmisi Manual Baru Khusus untuk Mobil Mild Hybrid

    Saat mesin tidak beroperasi, berarti mobil akan terus melaju. Andai ketika pengemudi menginjak pedal gas atau pedal kopling, MHSG segera menyalakan mesin kembali. Saat di posisi gigi yang sama atau netral, unit MHSG dengan tenaga baterai 48V akan memberikan dorongan elektris instan yang bertujuan untuk memastikan ketepatan putaran mesin dan transmisi.
     
    iMT ini bekerja dengan motor starter MHSG untuk mematikan mesin lebih awal dari sistem start-stop pada Kia Idle Stop & Go. Hasilnya, teknologi ini diklaim akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 sekitar 3 persen.
     
    Walaupun teknologi clutch-by-wire ini terdengar merepotkan, Kia menjamin sensasi menginjak kopling yang ditawarkan ini serupa dengan transmisi manual konvensional di mobil-mobil sekarang ini. Hal ini dijamin oleh Head of Powertrain Hyundai Motor Europe, Michael Winkler, yang berada di Jerman.
     
    “Transmisi otomatis atau double-clutch cocok untuk banyak pengendara, namun sebagian pengemudi di Eropa masih suka mengganti gigi sendiri. Di samping meningkatnya permintaan model elektris, iMT merupakan hasil pencarian kami untuk melakukan elektrifikasi transmisi manual.”


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id