Toyota GR Yaris Lontarkan Tenaga 257 Daya Kuda

    Ekawan Raharja - 15 Januari 2020 07:54 WIB
    Toyota GR Yaris Lontarkan Tenaga 257 Daya Kuda
    Toyota akhirnya menghadirkan GR Yaris dengan tenaga paling ganas dibandingkan varian yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Toyota
    Tokyo: Toyota akhirnya menghadirkan GR Yaris dengan tenaga paling ganas dibandingkan varian yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Tak kurang, hatchback yang cukup familiar di Indonesia ini memiliki tenaga tak kurang dari 257 daya kuda sebagai jaminan keseruan mengemudi mobil satu ini.

    Tenaga yang buas ini tidak terlepas dari campur tangan Gazoo Racing sebagai spesialis tuner pabrikan merek Toyota. Selain itu, mereka juga mengaplikasikan teknologi mobil Tommi Makinen Racing yang sudah kenyang berlaga di World Rally Championship (WRC). Tak pelak, GR Yaris kini bisa disandingkan dengan Ford Fiesta ST, Renault Clio RS, dan Volkswagen Polo GTI.

    Toyota GR Yaris Lontarkan Tenaga 257 Daya Kuda

    Sebagai dasarnya, GR Yaris menggunakan platform sports 4WD yang sudah didukung dengan Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mengedepankan sasis nan rigid dan ringan. Teknologi sports 4WD  yang diusung juga memastikan tenaga dapat disalurkan ke depan dan belakang untuk memberikan traksi di setiap roda, serta memberikan stabilitas di jalan.

    Pengemudi dapat menentukan empat mode berkendara yang tersedia di 4WD mode dial switch. Di mulai dari posisi normal dengan pendistribusian torsi 60 persen disalurkan ke depan. Bila ingin hadirkan gaya berkendara yang lebih agresif maka ada pilihan mode sport yang memprioritaskan roda belakang sebanyak 70 persen.

    Toyota GR Yaris Lontarkan Tenaga 257 Daya Kuda

    Berlanjut ingin bersenang-senang di lintasan, maka tersedia Track Mode dengan pembagian tenaga setara ke roda depan dan belakang. Bila pembagian tenaga di setiap roda masih kurang, Gazoo Racing menyiapkan Circuit Pack yang dilengkapi Torsen Limited-Slip Differential di gardan memungkinkan pembagian lebih lanjut antara sisi kiri dan kanan.

    Soal sasisnya sendiri, GR Yaris menggunakan dua platform TNGA, yakni GA-B di bagian depan dan GA-C di belakang untuk disesuaikan dengan sistem penggerak. Suspensi belakang pun akhirnya dibuat tak sama, mengenakan komposisi double wishbone ketimbang torsion beam.

    Toyota GR Yaris Lontarkan Tenaga 257 Daya Kuda

    Tentu saja dibalik itu semua, urusan tenaga dipasok dari mesin 1.600 cc berteknologi turbocharged bertenaga 257 daya kuda dan torsi 360 Nm. Bahkan khusus untuk Japan Domestic Market (JDM), tenaga yang dihadirkan lebih ganas dengan mencapai 268 daya kuda dan torsi 370 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi enam percepatan manual.

    Produksi akan dilakukan secara khusus di Pabrik Motomachi Toyota yang memiliki rekam jejak yang panjang dan solid dalam pembuatan mobil sport. Nantinya pengerjaan GR Yaris dilakukan oleh anggota tim takumi.

    Harga GR Yaris edisi khusus RZ dibanderol 3,96 juta yen atau sekitar Rp491,5 juta dan tipe RZ edisi khusus High Performance dihargai 4,56 juta yen atau Rp566 juta (termasuk pajak konsumsi). Tertarik untuk memilikinya?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id