Si 'Dewi Fortuna' Suzuki di Triwulan Kedua 2019

    Ahmad Garuda - 21 April 2019 16:50 WIB
    Si 'Dewi Fortuna' Suzuki di Triwulan Kedua 2019
    All New Suzuki Ertiga Series, topang penjualan Suzuki di GIIAS Surabaya. medcom.id/Ahmad Garuda
    Surabaya: Peluncuran All New Suzuki Ertiga Sport di awal tahun, bawa keberuntungan bagi Suzuki. Pbarikan asal Jepang itu mendulang penjualan yang cukup baik di triwulan kedua tahun ini yang bertepatan dengan penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS Surabaya.

    Selama 10 hari pelaksanaan pameran di timur Pulau Jawa itu (27 Maret – 7 April 2019) di Grand City Convex, Surabaya, tercatat sebanyak 869 unit kendaraan yang mereka pasarkan. Jumlah ini membengkak dari target awal yang hanya 400 unit mobil.

    “Pencapaian target yang lebih dari dua kali banyaknya itu, jadi capaian positif di awal tahun. Tentu tidak terlepas dari adanya perombakan besar di kendaraan low MPV yang jadi jagoan Suzuki. Apalagi di awal tahun, versi sport dari All New Ertiga memang sudah kami alokasikan sebagai varian tertinggi,” ujar 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Makmur.

    Mobil yang bersaing langsung dengan Toyota New Avanza, New Honda Mobilio hingga Mitsubishi Xpander itu, laku sebanyak 339 unit atau 39 persen dari seluruh total penjualan. Uniknya tipe yang dilirik adalah tipe GL dan GX. Namun versi sport yang merupakan varian tertinggi laku sebanyak 152 unit.

    Meski demikian, Suzuki juga tak canggung memainkan jagoannya di segmen kendaraan komersial ringan yang ditempati oleh Suzuki Carry Pick-up. Mengingat total penjualan sebanyak 198 unit, pun jadi jaminan bahwa tipe ini masih sangat diminati. Padahal Suzuki sudah berjanji siap memboyong versi terbarunya.

    Sementara itu, pada segmen kendaraan kompak untuk penumpang, Ignis meraih penjualan yang tinggi di pameran tersebut. Ignis masih diminati generasi millineal dengan total penjualan 74 unit, meski mobil ini sedikit tak berdaya dari All New Honda Brio yang memiliki dimensi dan tampang belakang yang sangat berbeda.

    Naiknya permintaan akan produk dari pabrikan berlogo S prisma itu, menjadi hal satu hal yang menarik. Lantaran pasar otomotif diprediksi tak akan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Artinya, beberapa merek otomotif tanah air, kemungkinan juga mengalami penurunan permintaan sebagai akibat ramainya kembali segmen mobil keluarga seperti Low MPV.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id