comscore

Mengenal Teknologi D-CVT Di Toyota Avanza, Beda dengan CVT

Ekawan Raharja - 27 Desember 2021 17:00 WIB
Mengenal Teknologi D-CVT Di Toyota Avanza, Beda dengan CVT
All New Toyota Avanza. Toyota
Bali: Toyota memberikan inovasi yang cukup signifikan bagi All New Avanza karena menyematkan teknologi D-CVT (Dual Mode CVT). Transmisi ini tergolong cukup berbeda karena sejumlah kompetitornya seperti Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander menggunakan model CVT, sedangkan Suzuki Ertiga masih dengan transmisi otomatis konvensional.
 
Meski sama-sama mengusung nama CVT, namun proses penyaluran tenaga dari mesin ke roda berbeda. Jika CVT mengandalkan perpindahan menggunakan sabuk baja (belt) dengan 2 buah pulley, maka D-CVT menggunakan sistem split-gears system.
 
Mudahnya, Teknologi D-CVT ini menggunakan perpaduan rantai baja dan planetary gear set. Rangkaian gigi tambahan dan gigi planet (planetary gear) yang dipasang di batang drive pulley dan driven pulley.
 
Mengenal Teknologi D-CVT Di Toyota Avanza, Beda dengan CVT

Ketika mobil sedang melaju di kecepatan rendah, maka D-CVT bekerja layaknya CVT konvensional yang mengandalkan drive pulley dan driven pulley yang disambungkan oleh belt. Kedua pulley ini masing-masing dapat bergerak ke kanan atau kiri, lebar kedua buah pulley tersebut bisa berubah menyempit atau melebar, dan diameter belt ini yang menjadi rasio gigi di transmisi CVT.
 
Sedangkan ketika mobil masuk kecepatan tinggi giliran rangkaian gigi tambahan dan gigi planet yang bekerja. Tujuannya agar transmisi energi yang terjadi lebih efisien alias energi yang terbuang lebih sedikit.
Halaman Selanjutnya
  Head of Public Relation…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id