Masuk Ke Indonesia, Toyota Prius PHEV Jadi Armada Taksi Bluebird?

    Ekawan Raharja - 28 Oktober 2019 10:35 WIB
    Masuk Ke Indonesia, Toyota Prius PHEV Jadi Armada Taksi Bluebird?
    Toyota Prius PHEV menggunakan teknologi kombinasi mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik. Toyota
    Jakarta: Toyota memang berencana untuk memasukan Toyota Prius dengan teknologi plug-in hybrid (PHEV) di Indonesia. uniknya, kemunculan perdananya akan dipasarkan secara fleet (pembelian borongan) oleh perusahaan taksi.

    Koordinator Kepala Cabang Auto2000 DKI 1, Riki Rusdiono, menjelaskan dalam waktu dekat akan membuat pertemuan dengan sebuah perusahaan untuk membahas mengenai pembelian mobil listrik tersebut. Tanpa menyebutkan nama perusahaanya, pria humoris ini menyebutkan perusahaan yang dimaksud bergerak di bisnis transportasi publik.

    "Dalam waktu dekat kami akan ada pertemuan untuk coba pasar fleet, jadi kalau memang berhasil ya Prius jadi salah satu armada alternatif tahun depan oleh satu perusahaan transportasi publik," kata Riki d Bluegrass Kuningan Jakarta.

    Masuk Ke Indonesia, Toyota Prius PHEV Jadi Armada Taksi Bluebird?

    Ketika disinggung mengenai perusahaan publik yang dimaksud adalah Bluebird, dia hanya terkekeh. "Liat nanti," jawabnya singkat.

    Riki tidak mengungkapkan momen peluncuran Prius di Indonesia. Dia menekankan bahwa hal ini akan dibahas usai melakukan pertemuan dengan perusahaan transportasi publik tersebut.

    Sebelumnya, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, pernah berujar berusaha menghadirkan mobil ramah lingkungan ini sebelum 2019 berakhir. Hanya saja untuk detailnya belum bisa dikabari karena masih menunggu persetujuan dari Toyota Jepang.
     
    Masuk Ke Indonesia, Toyota Prius PHEV Jadi Armada Taksi Bluebird?

    “Kami tentu sangat berharap bisa di tahun ini, cuma kalau Oktober saya tidak bisa janji karena sudah mepet. Paling lambat akhir tahun ini,” pungkas Anton Jimmi Suwandy Kamis (11/10/2019) di Bali.

    Nama Bluebird memang cukup kuat dikaitkan dengan penggunaan armada taksi mobil listrik karena mereka sedang berencana menambah armada taksi lstriknya. Perusahaan taksi dengan warna biru itu berencana mengoperasikan 200 taksi listrik hingga 2020, serta akan menambah 2.000 unit pada periode 2020-2025. Saat ini, mereka baru memiliki 29 unit taksi listrik yang terdiri dari BYD e6 A/T untuk Bluebird dan Tesla Model X 75D A/T untuk Silverbird.

    Untuk Prius yang akan masuk ke Indonesia, memiliki teknologi plug in-hybrid (PHEV). Mobil ini menggabungkan mesin pembakaran dalam dengan motor listrik sebagai sumber penggerak. Teknologi ini memungkinkan apa bila baterai untuk memutar motor listrik habis, maka mesin konvensional bisa digunakan disokong dengan bensin.

    Bicara spesifikasi, mobil PHEV ini menggendong mesin bensin 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder bertenaga 95 daya kuda dan torsi puncak 142 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 71 dk. Motor listriknya itu mendapat sokongan daya dari baterai berkapasitas 0,7 kWh.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id