Teknologi Otomotif

    Mengenal Teknologi Katup Mesin OHV, SOHC, dan DOHC

    Ekawan Raharja - 05 Mei 2021 15:00 WIB
    Mengenal Teknologi Katup Mesin OHV, SOHC, dan DOHC
    Ilustrasi mesin mobil. Doc Medcom.id



    Jakarta: Mesin kendaraan 4-tak kini lebih banyak digunakan hampir pada semua jenis kendaraan bermotor. Sistem yang digunakan ini memiliki empat fase yang tujuannya adalah menciptakan output sama seperti saat putaran pada flywheel. 
     
    Empat tahapan yang terjadi adalah pembuangan, penghisapan, kompresi serta langkah usaha. Mekanisme katup dibutuhkan pada tahapan hisap dan buang di mana ruang bakar membutuhkan interaksi dengan udara. 
     
    Ada udara yang masuk dan ada pula yang dikeluarkan. Dikutip dari situs resmi Suzuki, sistem katup pada kendaraan roda dua pun ada banyak jenisnya yaitu OHV, SOHC dan juga DOHC.
     

    1. Over Head Valve (OHV)

    Pada jenis yang pertama ini letaknya terdapat pada bagian kepala silinder. Noken as atau camshaft ada di bawah blok silinder dan dibutuhkan pengangkat katup dan push rod untuk bisa menggerakkan katup camshaft. 
     
    Letak dari valve filter atau pengangkat katup dan push rod sendiri berada di antara rocker arm atau pelatuk. Dilihat dari susunannya memang lebih rumit karena camshaft akan dihubungkan langsung pada roda gigi sprocket crankshaft. 





    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id