Industri Otomotif

    Segmen Mobil Premium Terdampak Pemilu

    Ekawan Raharja - 22 Mei 2019 14:07 WIB
    Segmen Mobil Premium Terdampak Pemilu
    Ada penurunan 14 persen penjualan Mazda di Indonesia. Mazda
    Jakarta: Pemilihan umum (pemilu) yang baru saja di gelar di Indonesia harus diakui memiliki efek terhadap segmen kendaraan premium di Indonesia. Mazda yang juga bermain di segmen premium merasakan betapa terasanya efek pemilu terhadap penjualan mobil mereka di tanah air.

    Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama empat bulan belakngan, Mazda berhasil menjual 1.689 unit. Sales, Marketing, and PR Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Ricky Thio, mengakui ada penurunan yang terjadi karena pasar otomotif di Indonesia memang sedang turun.

    “Kalau melihat data Gaikindo, penurunan penjualan pasar mobil Indonesia Januari-April hampir 14 persen untuk retail, jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Mazda penurunannya hampir sama dengan pasar, sekitar 14 persen,” aku Ricky.

    Pria ramah ini menjelaskan penurunan ini merupakan efek pemilu yang digelar pada 17 April 2019. Para konsumen mereka melakukan penahanan pembelian sampau ada kepastikan kondisi yang ada.

    Segmen Mobil Premium Terdampak Pemilu

    "Di rumah mereka sudah ada dua atau tiga mobil, Kebutuhan untuk membeli mobil tidak terlalu tinggi," sambung Thio.

    Mazda sekarang ini juga menyasar orang-orang kelas menengah ke atas, yang tidak sensitif terhadap harga jual kendaraan. Para konsumen Mazda diklaim lebih mementingkan desain dan penampilan ketimbang harga mobil, klaim Thio.

    Selain merangsang penjualan dan mengakomodir kebutuhan konsumen, Mazda mengambil langkah untuk membangun sebuah dealer baru di bilangan Simprug, Jakarta Selatan, dengan identitas terkini. Dealer ini diklaim sebagai dealer Mazda paling modern dengan luas bangunan mencapai 7.070 meter persegi, dan sudah menerapkan standar layanan internasional sesuai arahan Mazda Corporation di Jepang.

    "Identitas terikini yang diimplementasikan dealer Mazda Simprug, dapat memperkuat citra merek premium yang dimiliki oleh Mazda. Apalagi jika melihat wilayah lokasi berada di Jakarta selatan, salah satu barometer pertumbuhan otomotif premium di Ibukota," ungkap Presiden Direktur PT EMI, Roy Arman Arfandy, melalui keterangan resminya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id