Teknologi Otomotif

    Evolusi Honda CR-V dari Sporty ke Elegan, Semua Gara-Gara Konsumen

    Ekawan Raharja - 23 Januari 2020 07:46 WIB
    Evolusi Honda CR-V dari Sporty ke Elegan, Semua Gara-Gara Konsumen
    Honda CR-V dari generasi ke generasi. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Bandung: Sepak terjang CR-V di Indonesia sudah cukup lama dengan durasi lebih dari dua dekade menemani konsumen di Indonesia. Bahkan jika dilihat, sport utility vehicle (SUV) merek Jepang ini sudah mengalami evolusi desain dari generasi pertama yang sudah diperkenalkan sejak 2000 di Indonesia.

    Business Innovation & Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan perubahan desain ini tidak terlepas dari campur tangan konsumen. Honda sebagai produsen mobil berusaha untuk bisa menghadirkan mobil yang disesuaikan dengan kesukaan dan kebutuhan konsumen.

    "Konsumen maunya seperti apa? Dulu sukanya yang kotak-kotak, lama-lama yang bulat-bulat. Semua mengikuti pasar. Iya, konsumen di Indonesia suka yang wah," ungkap Billy Rabu (22/1/2020) di Kawasan Setiabudi Bandung.

    Hal ini bisa dilihat dari generasi pertama yang diperkenalkan pada 2000 mengusung konsep Cross Country dengan ciri khas ban belakang berada di pintu belakang. Sementara generasi kedua CR-V yang diluncurkan tahun 2002 mulai mengusung desain crossover yang lebih stylish dan peningkatan dari sisi performa dan utilitas.

    Beralih ke generasi ketiga, rival Toyota ini semakin menguatkan desain eksterior stylish khas kaum urban, kenyamanan berkendara layaknya sedan dan performa tangguh dari sebuah SUV. Di sini mulai menggunakan mesin 2.400 cc berpadu transmisi 6-percepatan manual pertama di kelasnya, dan hilangnya ban serep yang menggantung di pintu belakang.

    Konsep di generasi ketiga semakin dipertajam di generasi selanjutnya yang meluncur 2012 dengan menyematkan fitur berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa berkendara. Untuk pertama kalinya, generasi ke-4 juga dilengkapi dengan kecanggihan teknologi Nanoe yang berfungsi menjaga kualitas udara di dalam kabin.

    Kini, CR-V yang ditawarkan di Indonesia sudah mencapai generasi kelima dengan memperkuat elemen bulat di sektor desain eksterior. Di generasi ini kemudian muncul mesin 1.500 cc VTEC Turbo with Earth Dreams Technology dengan tenaga yang sebanding dengan mesin 2.000 cc naturally aspirated.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id