Mengetes Teknik Eco Driving, Terbukti Bikin Bensin Mobil Irit

    Ekawan Raharja - 12 Oktober 2021 11:00 WIB
    Mengetes Teknik Eco Driving, Terbukti Bikin Bensin Mobil Irit
    Suzuki SX4 S-Cross. Medcom.id/Ekawan Raharja



    Jakarta: Teknik Eco Driving menjadi salah satu cara untuk membuat mobil semakin irit bahan bakar. Tester driver Medcom.id mencoba menguji teknik eco driving dan hasilnya memang berhasil meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM).
     
    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan eco driving merupakan singkatan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Teknik ini bisa dimanfaatkan untuk berkendara sehari-hari dan memiliki sejumlah keuntungan lainnya, selain soal hemat bensin.
     
    "Eco Driving memiliki beragam manfaat seperti lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari," ungkap Sony melalui keterangan resminya.
     
    Mengetes Teknik Eco Driving, Terbukti Bikin Bensin Mobil Irit

    Teknik eco driving yang disarankan oleh Sony mulai dari merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan, memanaskan mesin cukup 1 menit, berkendara sehalus mungkin, menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 kilometer per jam dan RPM di putaran 2.000, jaga jarak dengan kendaraan lain menggunakan engine brake untuk deselerasi, atur suhu AC ideal di kabin, matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit, melakukan perawatan kendaraan secara berkala, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.
     
    Tim Medcom.id kemudian mencoba teknik ini dengan menggunakan Suzuki SX4 S-Cross untuk digunakan sehari-hari. Selama 4 hari, dengan total jarak tempuh 124 kilometer, mobil SUV ini digunakan di Jakarta dengan berbagai situasi dan kondisi.
    Halaman Selanjutnya
      Rival Honda HR-V dan…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id