Kisah Inspiratif

    Lulusan SMK pun Bisa Jadi Mekanik Kelas Dunia

    Ekawan Raharja - 08 Juli 2020 07:17 WIB
    Lulusan SMK pun Bisa Jadi Mekanik Kelas Dunia
    Joko Susilo menunjukan lulusan SMK juga bisa bersaing di tingkat dunia. Isuzu

    Yogyakarta: Banyak yang beranggapan hingga saat ini lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tidak berkembang, apalagi bersaing di tingkat dunia. Anggapan miring ini akhirnya ditepis oleh Joko Susilo yang ternyata bisa berkembang dan menjadi bersaing secara global.
     
    Joko Susilo merupakan pria asal Klaten, Jawa Tengah, dan merupakan lulusan SMK Otomotif. Dia pun menunjukan kemampuannya dengan meraih prestasi Isuzu World Technical Skill Competition di Jepang pada 2019 silam.
     
    Ajang ini merupakan persaingan untuk menjadi mekanik terbaik, dan bersaing dengan para mekanik dari berbagai belahan dunia lainnya. Joko tidak dengan mudah bisa meraih prestasi tersebut karena harus melewati proses yang panjang dan persaingan yang ketat.
     
    "Saya mengambil jurusan otomotif di SMK 2 Klaten yang bekerja sama dengan PT IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia). Di sekolah saya itu programnya 4 tahun yang terdiri dari 3 tahun pendidikan dan 1 tahun praktek kerja," ungkap Joko melalui webinar.
     
    Lulusan SMK pun Bisa Jadi Mekanik Kelas Dunia

    Untuk bisa mencapai di panggung dunia, Joko harus melewati tahapan yang panjang dan ketat. Di mulai dari CSR Link and Match, kemudian proses seleksi ketat, karantina, hingga lulus di Isuzu Technical Skill Competition (ITSC).
     
    Hingga akhirnya Joko bisa ikut serta di ajang Isuzu I1 Grandprix di Jepang dan meraih posisi kedua, hanya kalah dari dari para mekanik Filipina. Prestasi ini terbilang sangat bagus karena bisa mengalahkan sejumlah mekanik dari negara lainnya, dan membuktikan bahwa kualitas lulusan SMK juga bisa bersaing di tingkat dunia.
     
    "Saya mencoba seleksi hingga empat tahun beruntun sebelum akhirnya membawa pulang piala dari Negeri Sakura," jelasnya lagi.
     
    Sehari-hari Joko bekerja semakin mekanik Bengkel Isuzu berjalan di Yogyakarta. Dia bekerja menangani  unit-unit yang ingin melakukan perawatan atau bermasalah di lokasi konsumen bahkan di jalanan sekalipun.
     
    Cerita Joko bisa menjadi kisah bahwa semua orang bisa bersaing, dan bahkan berprestasi di tingkat dunia. Ini semua tinggal kemauan, semangat, dan tekad untuk bisa berkembang serta berprestasi untuk apapun yang kita kerjakan.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id