Mobil Baru

    Ini Model Toyota yang Berpotensi Kena Insentif PPnBM

    Ekawan Raharja - 23 Februari 2021 10:00 WIB
    Ini Model Toyota yang Berpotensi Kena Insentif PPnBM
    Ilustrasi. Auto2000



    Jakarta: Pemerintah sekarang ini berencana memberikan relaksasi pajak untuk pembelian mobil baru berupa insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Meski belum diresmikan namun sejumlah merek sudah mempersiapkan antisipasi menghadapi peraturan ini.
     
    Menurut keterangan resmi, Auto2000 menjelaskan pengurangan PPnBM pembelian mobil baru di Tanah Air yang rencananya akan mulai diberlakukan pada bulan Maret 2021. Dari informasi yang ada bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif ini penerapannya dibagi secara bertahap, yaitu diskon PPnBM sebanyak 100 persen periode bulan Maret–Mei 2021, 50 persen di bulan Juni–Agustus 2021, dan terakhir 25 persen di bulan September–November 2021.
     
    Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak. Kebijakan relaksasi PPnBM hanya berlaku pada model-model CKD dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70 persen.
     
    Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Sementara model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0 persen.
     
    Di lain pihak, harga jual tipe lain yang sudah pasti tidak terkena aturan seperti adalah Innova, Fortuner, Voxy, Hilux, Hiace, Alphard, dan Vellfire tidak akan berubah saat aturan diskon PPnBM dijalankan.

    Halaman Selanjutnya
      "Sampai dengan rilis ini…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id