Balap Mobil

    Selain Sirkuit MotoGP, Indonesia Juga akan Bangun Sirkuit F1

    Ekawan Raharja - 17 Mei 2021 12:00 WIB
    Selain Sirkuit MotoGP, Indonesia Juga akan Bangun Sirkuit F1
    Ilustrasi. F1



    Jembrana: Jagad motorsport di Indonesia belakangan ini cukup ramai dengan topik pembangunan sirkuit Mandalika, Lombok, yang akan digunakan untuk ajang MotoGP dan World Superbike Championship (WSBK). Ternyata tidak sampai di situ saja, karena Indonesia juga ini sedang mempersiapkan pembangunan sirkuit untuk balap jet darat Formula One (F1).
     
    Rencananya sirkuit ini akan diajukan kepada Gubernur Bali, untuk pembangunan Sirkuit Formula 1 (F1), di daerah Jembrana, Bali Barat. Atas seizin Gubernur Bali, bekerjasama dengan investor dari dalam dan luar negeri, memanfaatkan lahan seluas 150-200 hektar milik pemerintah provinsi Bali yang dikelola Perusahaan Daerah Perkebunan Sangiang.
     
    Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo, bahkan secara langsung berkunjung untuk melihat lahan yang sedianya akan ditawarkan sebagai lahan sirkuit F1 tersebut. Dia menilai, pembangunan sirkuit F1 ini merupakan salah satu cita-cita lama yang hingga sekarang ini belum tercapai.
     
    "Selain mengembangan sport automotif tourism di Jembrana serta Bali Barat pada umumnya, pembangunan Sirkuit F1 juga untuk mewujudkan keinginan almarhum Taufiq Kiemas, yang sempat mendukung agar Bali bisa memiliki sirkuit F1. Keinginan almarhum Taufiq Kiemas tersebut sama halnya dengan keinginan kita semua," ujar pria yang lebih akrab disapa Bamsoet.
     
    Pria yang juga menjabat sebagai ketua MPR RI ini juga menjelaskan, pembangunan Sirkuit F1 di Jembrana sangat strategis, Mengingat saat ini akan ada proyek pembangunan tol Denpasar-Gilimanuk yang bisa memangkas waktu tempuh dari Denpasar ke Jembrana menjadi sekitar satu jam. Memudahkan pengangkutan logistik keperluan balap, maupun memudahkan pergerakan turis yang ingin menyaksikan kejuaraan balap.

    Halaman Selanjutnya
      "Keberadaan Sirkuit F1 di…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id