comscore

Dari 30 Ribu Komponen Mobi, IKM Indonesia Baru Bisa Pasok 900 Komponen

Ekawan Raharja - 30 Juni 2022 14:00 WIB
Dari 30 Ribu Komponen Mobi, IKM Indonesia Baru Bisa Pasok 900 Komponen
Ilustrasi produksi mobil DFSK. DFSK
Nagoya: Kendaraan bermotor, khususnya mobil, membutuhkan puluhan ribu komponen untuk bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia baru bisa memasok sebagian kecil komponen yang dibutuhkan.
 
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyebutkan kurang lebih 30 ribu jenis komponen untuk mobil, sebesar 15 persen atau 4.500 jenis komponen berpeluang dipasok dari IKM. Namun, saat ini baru sekitar 900-an jenis komponen yang sudah dipasok IKM.
 
Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan persentasenya, salah satunya melalui forum bisnis atau business matching dengan harapan untuk lebih mengenalkan kemampuan IKM komponen otomotif. Pemerintah bertekad mempromosikan IKM komponen otomotif dan menjadikannya prioritas strategis dalam rantai pasokan otomotif global.
 
“Kualitas produk IKM di Indonesia, khususnya otomotif, tidak perlu diragukan. Produk-produk IKM telah memperoleh sertifikat seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 18001, dan lainnya,” jelas Agus melalui situs resmi Kementerian Perindustrian.
 
Agus mengemukakan, industri alat angkutan mengalami kinerja gemilang pada triwulan I tahun 2022 dengan mampu tumbuh dua digit, yakni 14,2 persen. Capaian ini melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id