Perlintasan KA Purwosari dan Simpang Mengkreng Dua, Titik Rawan Macet Trans Jawa

    M. Bagus Rachmanto - 11 Desember 2019 07:07 WIB
    Perlintasan KA Purwosari dan Simpang Mengkreng Dua, Titik Rawan Macet Trans Jawa
    Ilustrasi tol Trans Jawa. MI/Ramdani
    Jakarta: Perlintasan kereta api Purwosari, Jawa Tengah, dan Simpang Mengkreng, Jawa Timur
    jadi fokus Kakorlantas Irjen Istiono saat melakukan pemantauan jalur Trans Jawa jelang persiapan pengamanan mudik Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

    "Paling fokus dipantau hari ini ada dua titik rawan antrian kendaraan saat arus mudik karena pelintasan kereta," kata Istiono lewat keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.
     
    Istiono menjabarkan pelintasan kereta api Purwosari dilewati 136 kali tiap hari. Sehingga potensi antrian panjang akan terjadi pada puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru.

    Menyiasati itu, Polresta Solo menyiapkan 160 personel untuk menangani arus lalu lintas disana. Antisipasi dilakukan agar antrian dapat dikelola dengan baik.
     
    "Mereka akan mengatur waktu dan jalur yang akan dilalui di lintasan ini. Polres harus sigap titik perempatan dan pertigaan yang menyambung di area ini akan dilakukan rekayasa," kata Istiono.
     
    Sementara untuk Simpang Mengkreng, kata dia, permasalahan karena adanya perlintasan sebidang yang jaraknya hanya satu kilometer. Ditambah lagi dengan titik pasar tumpah.
     
    Korps bhayangkara akan mengkoordinasikan jarak persimpangan sebidang di wilayah Nganjuk dan Kediri. Sehingga titik tersebut bisa terkelola dengan lancar, baik arah menuju Nganjuk atau Jombang maupun Kediri.
     
    "Kalau tahun ini masih menggunakan cara bertindak tahun lalu. Harapan tahun depan dibangun konsep layang yang melintasi perlintasan sebidang di Kediri dan Nganjuk ini akan kita pangkas titik konflik yang ada di persimpangan ini," ujar Istiono.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id