Industri Otomotif

    Hyundai Bangun Pabrik, Pengamat Otomotif: Langkah Tepat

    Ekawan Raharja - 22 Januari 2020 07:54 WIB
    Hyundai Bangun Pabrik, Pengamat Otomotif: Langkah Tepat
    Hyundai berencana membangun pabrik di Jawa Barat. Hyundai

    Jakarta: Hyundai dalam waktu dekat akan membangun pabrik berskala besar di Indonesia. Langkah ini dinilai sangat tepat dan akan membuat mobil-mobil dari Hyundai akan semakin kompetitif di pasar otomotif nasional.

    Pengamat otomotif, Bebin Djuana, menjelaskan selama ini merek Korea Selatan ini kurang kompetitif di Indonesia karena tidak memiliki pabrik yang cukup di Indonesia. Dan kini dengan adanya pabrik berskala besar di Indonesia, diyakini akan membuat pasar Hyundai di tanah air akan lebih besar lagi.


    "Saya belum lama ini baca berita bahwa Hyundai akan mendirikan pabrik, itu kata kuncinya. Selama itu belum terjadi susah (untuk bersaing)," ungkap Bebin Senin (21/1/2020) di Kota Kasablanka Jakarta.

    Menurutnya, dengan membangun pabrik di Indonesia maka harga mobil yang ditawarkan akan lebih bersaing. Bila digabungkan dengan mobil yang tepat dan harga yang bersaing, tentu akan lebih baik lagi diterima oleh pasar.

    "Di luar plus minus sudah sama sudah seimbang, yang menjadi mahal kalau tidak diproduksi di sini karena pajak barang mewah, import duty, kumpulin saja semua segala macam perpajakan. Pemerintah kan berharap kembangkan industrinya di sini, bukan hanya membawa produknya ke sini," ungkap Bebin.

    Bebin mengambil contoh merek Tiongkok yang ada di Indonesia cukup bisa diterima konsumen karena memiliki pabrik di Indonesia. Bahkan kini, baik DFSK dan Wuling Motors, sudah bisa mengekspor mobil mereka ke berbagai negara lainnya. "Kenapa ini bisa terjadi? pabriknya ada di sini, itu tak bisa ditawar."

    Hyundai Motor Company mengumumkan telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan pemerintah Indonesia untuk membangun pusat manufaktur pertama yang berbasis di kawasan ASEAN. Bahkan di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), merek asal Korea Selatan itu janji akan mulai membangun pabrik pada 2020.

    Menurut keterangan resmi Hyundai, pabrik ini akan memulai produksi komersial paruh kedua tahun 2021, dengan kapasitas tahunan sekitar 150 ribu unit. Pabrik ini nantinya pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id