Lalu Lintas

    Pelanggaran Lalu Lintas Gunakan Sistem Poin, Ini Rinciannya

    Ekawan Raharja - 03 Juni 2021 14:00 WIB
    Pelanggaran Lalu Lintas Gunakan Sistem Poin, Ini Rinciannya
    Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja



    Jakarta: Pemerintah Sudah mengeluarkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaaan SIM yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal (POL) Listyo Sigit Prabowo pada 19 Februari 2021. Melalui Perpol ini, kini para pelanggar lalu lintas akan dikenakan poin dan bisa saja SIM dicabut apabila poin yang ada melebihi batas yang ditetapkan.
     
    Poin ini akan diberikan setiap ada pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, dan besarannya sesuai dengan penggolongan pelanggaran dan kecelakaan. Kemudian, poin tersebut akan dicatat secara elektronik dalam Sistem Informasi Pelanggar dan Kecelakaan Lalu Lintas (SIPKLL) pemilik SIM.
     
    Kemudian bagaimana rincian poin pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas? Berikut penjelasannya.
     

    Pelanggaran Lalu Lintas

    Secara keseluruhan, untuk pelanggaran lalu lintas terdiri atas 3 bagian yakni pelanggaran bernilai 5 poin, 3 poin, dan 1 poin. Dalam Perpol 5 Tahun 20210, pemilik SIM akan diberikan batas 12 poin dengan sanksi penahanan/pencabutan sementara dan 18 poin maka akan dicabut permanen (atas keputusan pengadilan).
     
    Untuk pelanggaran yang bernilai 5 poin terdiri atas mengemudikan kendaraan tanpa memiliki SIM, Mengemudikan kendaraan bermotor secara tidak wajar dan melakukan kegiatan yang mengganggu konsentrasi ketika berkendara, tidak mematuhi persyaratan teknik kendaraan, mengeudi dengan melanggaran rambu lalu lintas, melanggaran aturan perintah atau melanggar yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas, mengemudikan kendaraan bermotor yang melanggar aturan gerakan lalu lintas, melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi dan rendah, menerobos palang pintu kereta api ketika sudah ditutup, hingga balapan liar di jalan raya.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id