Industri Otomotif

    Kendaraan Listrik Mahal, Bamsoet: Harga Baterai Harus Ditekan

    Ekawan Raharja - 05 April 2021 12:00 WIB
    Kendaraan Listrik Mahal, Bamsoet: Harga Baterai Harus Ditekan
    Platform SEA untuk mobil listrik yang dikembangkan Geely. Geely



    Jakarta: Kendaraan listrik hingga sekarang ini masih memiliki harga yang cukup tinggi di Indonesia. Harga jual yang tergolong tinggi ini bisa saja lebih terjangkau oleh masyarakat di Tanah Air apabila harga baterai kendaraan listrik juga bisa ditekan.

    Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengungkapkan salah satu komponen penting yang membuat harga kendaraan listrik mahal adalah baterai kendaraan listrik. Harga baterai yang digunakan oleh kendaraan listrik, mencapai satu pertiga dari harga jual satu unit kendaraan listrik.






    "Masyarakat saat ini masih enggan beralih ke kendaraan listrik salah satunya karena harga kendaraan listrik yang terhitung mahal. Salah satu komponen inti yang membuat kendaraan listrik mahal adalah baterai. Jika harga baterai bisa ditekan maka harga kendaraan listrik bisa berkurang jauh lebih murah," ujar pria yang akrab di sapa Bamsoet dikutip dari situs resmi MPR RI.

    Karenanya, mantan Ketua DPR RI ke-20 ini mengapresiasi langkah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendirikan Indonesia Battery Corporation (IBC). Holding yang dibentuk oleh 4 BUMN, yaitu PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina, dan PT PLN. Holding yang dibentuk 4 BUMN tersebut akan mengelola industri baterai terintegrasi dari hulu sampai ke hilir di Tanah Air.

    "Adanya pabrik baterai di Indonesia merupakan angin segar bagi iklim investasi serta pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Ini juga akan meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global. Selain mempunyai peran penting dalam menyerap pasar tenaga kerja, khususnya generasi muda," kata Bamsoet. 

    Halaman Selanjutnya
    Pria yang juga memiliki mobil…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id