comscore

Pembangunan Sirkuit Bintan Ditargetkan Bisa Gelar F1

Ekawan Raharja - 19 Juni 2022 15:00 WIB
Pembangunan Sirkuit Bintan Ditargetkan Bisa Gelar F1
Max Verstappen di ajang F1. Honda
Jakarta: Indonesia sukses menggelar WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika dalam setahun ke belakang. Kini, diharapkan Formula One (F1) bisa juga diselenggarakan di Indonesia berlaga di Sirkuit Bintan.

Ketua Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo, menuturkan ground breaking pembangunan Bintan International Green Circuit di kawasan pariwisata Bintan Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Bintan International Green Circuit akan menjadi satu-satunya sirkuit yang ramah lingkungan dan digunakan sebagai ajang bergengsi balapan Formula 1 serta balapan internasional lainnya.

"Kehadiran Bintan International Green Circuit akan menjadikan Indonesia sejajar dengan berbagai negara besar dunia lainnya dalam menyelenggarakan kejuaraan motorsport bergengsi dunia. Apalagi Formula 1 tercatat telah diselenggarakan di 21 negara yang tersebar di 5 benua," ujar Bamsoet dikutip dari situs resmi MPR.

Ketua MPR RI ini juga menjelaskan pembangunan Bintan International Green Circuit memanfaatkan lahan sekitar seluas 237 hektar. Biaya pembangunan mencapai Rp1 triliun lebi yang murni berasal dari konsorsium swasta dan tanpa menggunakan APBN/APBD.

"Penentuan lokasi Bintan International Green Circuit dilakukan bersama dengan Pemprov Kepri, Gallant Venture Pte LTD sebagai pengelola kawasan Bintan, dan Populous sebagai konsultan internasional dari Inggris yang menangani landscape design kawasan sirkuit. Populous juga sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED), termasuk desain lintasan/track sirkuit. Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor roda dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1," kata Bamsoet.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id