Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Di ASEAN Menggiurkan

    Ekawan Raharja - 19 Oktober 2019 16:08 WIB
    Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Di ASEAN Menggiurkan
    ICar Asia umumkan pertumbuhan bisnis mereka di ASEAN pada Kuartal III 2019. Dok Medcom
    Jakarta: Pasar jual beli mobil bekas memang memiliki pangsa pasar sendiri dan tetap menarik bagi banyak kalangan. Dari hasil studi beberapa carlisting di Asia, bisnis mobil bekas memang menggiurkan. Salah satunya yang dilakukan iCar Asia yang diketahui punya unit usaha di bidang ini untuk skala ASEAN.
     
    Grup otomotif yang berkonsentrasi menjalankan iklan jual-beli mobil ini menjalankan platform otomotif di Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Mereka melaporkan pertumbuhan pendapatan 29 persen di kuartal ketiga 2019. Hal ini juga termasuk kenaikan penerimaan kas dan penurunan pengeluaran dengan cash flow operasi bersih sebesar 45 persen year on year (YoY) menjadi 1,5 juta dolar Australia.
     
    Sementara di Indonesia, mereka menjaga performa bisnisnya dengan mengurangi separuh pengeluaran cash flow netto dan biaya perusahaan tetap stabil dibandingkan 2018. Bahkan demi memperkuat bisnis di Indonesia, perusahaan ini melakukan akuisisi Carmudi Indonesia per 31 Oktober 2019 dengan nilai USD3 juta.

    Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Di ASEAN Menggiurkan

    Berdasarkan kinerja kuartal III tahun ini, mereka mencetak pertumbuhan pendapatan usaha non-audit sebesar 29 persen menjadi USD3,9 juta dibandingkan periode sama tahun lalu. Kenaikan pendapatan ini didorong pertumbuhan 27 persen dari bisnis inti, yaitu mobil bekas dan baru.

    “Tiga kuartal pertama, hasilnya sangat baik. Momentum ini membuat kami optimis di kuartal terakhir tahun ini. Kami berharap bisa mencapai progress pencapaian bulanan sesuai harapan sehingga bisa mencapai Break Even/Titik Impas pada akhir tahun," ungkap CEO iCar Asia Limited, Hamish Stone, melalui keterangan resminya.

    Beberapa grup besar yang berkonsentrasi menjalankan iklan jual-beli mobil juga tidak ketinggalan meningkatkan bisnis di tanah air. Sebut saja Oto.com yang merupakan anak usaha Girnar Software Pvt. Ltd yang juga mengoperasikan CarDekho, Zigwheels dan Gaadi.

    Kemudian ada juga Cintamobil.com yang merupakan anak usaha dari Dai Viet Group yang juga berbisnis di 10 negara, salah satunya Indonesia. Semuanya memang berkonstrasi di aktifitas jual beli mobil bekas bahkan baru. Belum lagi OLX yang memposisikan diri sebagai penyedia iklan baris yang posisinya juga cukup kuat di segmen jual-beli mobil bekas. Masing-masing mengatakan bahwa pasar mobil bekas tidak meningkat pesat, namun peningkatannya konstan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id