Ferrari P80/C Anut Gaya Mobil Balap Prototipe

    Ekawan Raharja - 28 Maret 2019 12:36 WIB
    Ferrari P80/C Anut Gaya Mobil Balap Prototipe
    P80/C dibekali mesin 3.900 cc V8 twin-turbo dengan tenaga maksimal bisa mencapai 660 daya kuda. Ferrari
    Italia: Ferrari kembali merilis sebuah mobil spesial P80/C yang dipesan secara khusus. Mengingat mobil ini merupakan pesanan khusus, pabrikan asal Italia ini hanya memproduksinya satu unit saja dan sudah dihantarkan kepada sang pemiliknya.

    Menurut keterangan resminya, mobil ini di desain langsung dari Ferrari Styling Centre yang di pegang langsung oleh Flavio Manzoni. Pria yang menjabat sebagai Wakil Presiden Senior Desain di Ferrari ini merupakan orang yang mendesain beberapa mobil Ferrari lainnya California, Portofino, FXX K Evo, LaFerrari, dan masih banyak lagi.

    Ketika mendesain P80/C, Ferrari melihat bahwa sang pemesannya merupakan seorang kolektor Ferrari yang sudah turun-temurun menggilai merek asal Italia tersebut. Flavio Manzoni akhirnya ingin membuat sebuah mobil dengan desain yang berbeda serta memiliki keterlibatan emosional terhadap si pemiliknya.

    Ferrari P80/C Anut Gaya Mobil Balap Prototipe

    Ferrari akhirnya membuat supercar dengan gaya prototipe, dan memadukan beberapa unsur desain mobil-mobil lama yang mereka miliki. Diketahui mereka menggabungan beberapa elemen dari mobil balap Ferrari Dino 206 S dengan Ferrari Dino 206/246 GT, dan basis utamanya menggunakan kerangka Ferrari 488 GT3.

    Tercatat tim desainer membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk membuat supercar bergaya prototipe ini bisa layak untuk digunakan. Para desainer ini berusaha untuk merancang sebuah mobil dengan gaya yang berbeda, performa yang kuat, hingga sisi aerodinamis.

    Jika membandingkan dengan 488 GT3, banyak ubahan yang dilakukan. Desain bodi dibuat selandai mungkin agar angin bisa mulus melewati bodi mobil ini, begitu pula dengan penggunaan lips depan canard, side skirt canard, sampai diffuser berukuran besar demi memperbaiki aliran udara dari bawah mobil. Uniknya di bagian kolong mobil juga di desain rata dari depan sampai belakang untuk aliran angin agar lewat dengan mulus.

    Ferrari P80/C Anut Gaya Mobil Balap Prototipe

    Ubahan di Bumper berpengaruh terhadap hembusan angin bisa sampai ke bagian kap dan diteruskan ke spoiler besar karbon di belakang agar bisa meningkatkan downforce lebih besar. Sedangkan di bagian kaki-kaki menggunakan pelek palang lima ukuran 21 inci berbalut ban Pirelli PZero.

    Beralih ke interior, tidak ada sentuhan stylish ataupun elegan yang menemani pengemudinya. Ferrari membuat desain interior sebagai cockpit mobil balap, yang siap dipacu di lintasan balap.

    Dimulai dari setir berbahan karbon ala mobil F1, pedalnya pun sudah menggunakan pedal box, serta speedometer digantikan dengan khusus untuk keperluan balap dengan layar full color, sampai panel tengah yang dibuat dengan sejumlah tombol dengan beragam fungsi. Selanjutnya jok kulit digantikan dengan bucket seat berwarna biru dengan seatbelt 6 titik, sampai penyematan roll bar agar saat mobil mengalami kecelakaan pengemudi tetap aman.

    Ferrari P80/C Anut Gaya Mobil Balap Prototipe

    Soal dapur pacunya, P80/C dibekali mesin 3.900 cc V8 twin-turbo dengan tenaga maksimal bisa mencapai 660 daya kuda. Tenaga ini jelas lebih dari cukup untuk memberikan mendebarkan jantung ketika melesat di sirkuit.

    Sayangnya mobil ini cuma ada satu unit saja dan sudah ada yang pesan. Tentu saja jika anda punya uang lebih, bisa juga memesan sebuah mobil khusus yang diproduksi hanya untuk anda seorang.

    Lamborghini juga memiliki supercar yang hanya di produksi satu unit saja, yakni Concept S. Cuma bedanya, mobil ini awalnya akan digunakan sebagai model Gallardo dengan atap terbuka. Hanya saja si Banteng Ngamuk mendapati kesalahan perhitungan nilai ekonomis, dan akhirnya hanya satu yang di produksi dari 100 unit yang direncanakan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id