Adu Keren Mobil Daihatsu di Dressed-up Challenge

    Ahmad Garuda - 23 November 2019 16:50 WIB
    Adu Keren Mobil Daihatsu di Dressed-up Challenge
    Daihatsu Dressed-up Challenge dianggap jadi kontes modifikasi mobil satu merek terbesar di Indonesia. ADM
    Jakarta: Kompetisi modifikasi kendaraan, tak hanya ramai untuk kendaraan roda dua saja untuk Indonesia. Namun kompetisi modifikasi juga merambah pengguna mobil atau kendaraan roda empat.

    Selain event-event independen yang menggabungkan ragam merek mobil, beberapa pabrikan juga memiliki kompetisi modifikasi sendiri seperti Daihatsu. Hari ini Sabtu (23/11/2019), mereka menggelar Daihatsu Dressed-up  Challenge (DDC) yang telah berlangsung di 14 kota sejak awal tahun.

    “Mulai tahun ini kami memang sudah fokus menyasar kaum muda milenial. Setidaknya ini bisa membuat sahabat youth lebih berpengalaman dengan merek ini,” ujar Head Corporate Planning and Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Elvina Afny, saat membuka Grand Final DDC 2019 di event Indonesia Auto Modified (IAM) di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara.

    Hal ini juga diakui langsung oleh Head Domestic Marketing Division PT ADM Rudy Ardiman. Ia menegaskan bahwa perwujudan ekspresi kaum millenial di Indonesia mencapai kreatifitas tingkat tinggi. Meski kegiatan ini bernaung di bawah penyelenggara HIN Promosindo sebagai penyelenggaranya, namun semua tergarap sesuai dengan kemauan brand asal Jepang tersebut.

    Chief executive Officer PT HIN Promosindo Reza Aliwarga menjelaskan, tahun ini, penyelenggaraan DDC telah mengunjungi 13 kota sebelum akhirnya tiba dalam Final Battle di Jakarta. Sejumlah kota yang dikunjungi yakni Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Jakarta, Makassar, Denpasar, Malang, Batam, Medan, Bandung, Makasar, Semarang, dan Palembang.

    Sebagai kota ke-14, Jakarta terpilih sebagai lokasi adu keren 'ultimat' yang melibatkan 126 unit Daihatsu dari berbagai model. Tercatat sebanyak 43 unit Sirion, 22 unit Xenia, 16 unit Terios, 8 unit Ayla, 6 Unit Gran Max dan Luxio, serta 5 unit Sigra siap adu keren di kategori khusus brand tersebut pada seri final di Jakarta.

    Sedangkan di kategori Free For All, yaitu kategori untuk mobil-mobil merek ini tanpa dibatasi jenis dan tahun pembuatannya, sebanyak 26 unit Taruna juga pede ikut bertanding. Mereka memperebutkan hadiah total Rp200 juta.

    Sebanyak 126 unit peserta utama ini hasil saringan dari 489 unit mobil modifikasi dari berbagai line up di sepanjang 2019. Atas pencapaian itu, ajang Dress Up mobil yang terbuka untuk seluruh model Daihatsu ini di klaim sebagai kontes modifikasi terbesar di Indonesia, karena diikuti lebih dari 600 unit mobil dari satu merek.

    Mulai dari 128 unit Gran Max dan Luxio, 137 unit Ayla, 73 unit Xenia, 51 unit Sirion, 23 unit Sigra dan 17 unit Terios terdaftar pada kompetisi kategori Line Up mobil merek ini. Sedangkan pada kategori Free For All (FFA), tercatat total 60 unit mobil, mulai dari Taruna, Feroza, Taft, Zebra dan Hijet.

    Juri kontes modifikasi itu berasal dari Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Mereka menentukan mobil mana yang berhak memenangkan kontes karena kriteria pemenang bukan hanya dilihat dari sisi keindahan modifikasi.

    APM ini juga menantang para modifikator untuk tetap memperhatikan berbagai aspek seperti keamanan dan kenyamanan pengendara. Bahkan, para juri secara fair dan kompeten juga memberikan perhatian yang mencakup delapan aspek meliputi aspek overall build, eksterior, interior, cat, mesin, undercarriage, car audio dan video, serta tampilan.

    Beberapa peserta terlihat antusias mengikuti DDC 2019. Seperti yang disampaikan Joko Perasanto dari tim Impossible Community Gresik. Ia membawa mobil Gran Max hasil modifikasinya.

    Selain Daihatsu, beberapa pabrikan seperti Toyota dan Honda juga menggelar kontes modifikasi mobil, namun dengan konsep yang berbeda. Mereka hanya menyelenggarakan kompetisi modifikasi dengan melihat secara virtual lalu mengundang peserta terpilih untuk show-off. Artinya kompetisi ril, bisa dibilang masih berada di brand yang satu ini.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id