Teknologi Otomotif

    Korea Selatan 'Jor-Joran' Investasi Kendaraan Otonom

    Ekawan Raharja - 15 Januari 2021 15:00 WIB
    Korea Selatan 'Jor-Joran' Investasi Kendaraan Otonom
    Hyundai Ioniq Autonomous Concept. Hyundai
    Seoul: Sejumlah negara sekarang ini banyak menaruh perhatian terhadap perkembangan kendaraan ramah lingkungan dengan berbasis tenaga listrik. Langkah berbeda diambil oleh Korea Selatan karena ternyata mereka sedang memfokuskan diri dalam pengembangan kendaraan tanpa sopir alias kendaraan otonom.
     
    Negeri yang terkenal akan Ginsengnya ini menginvestasikan USD1 miliar untuk pengembangan teknologi otonom dan infrastruktur untuk kebutuhan komersial. Diharapkan teknologi otonom level 4 dimana kendaraan bebas dari sopir bisa hadir pada tahun 2027, seperti dikutip dari Pulse.
     
    Sekarang ini di Korea Selatan sudah ada kendaraan otonom level 2 dimana masih membutuhkan bantuan sopir selama perjalanan. Kemudian di level 3, kendaraan sudah bisa berjalan namun masih membutuhkan bantuan sopir untuk menghadapi keadaan darurat. Teknologi ini akan segera hadir dalam 2-3 tahun mendatang.
     
    Sedangkan level 4 100 persen tanpa intervensi sopir selama perjalanan. Kendaraan bahkan bisa mempelajari kondisi yang ada dan mengambil keputusan melalui teknologi dan sistem yang ada di jalanan.
     
    Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi; Kementerian Sains dan TIK; Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi; dan Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan akan patungan dalam pembiayaan ini proyek kendaraan otonom. Kemudian untuk produksi kendaraan dan komponen diharapkan mendapatkan dukungan dan partisipasi aktif dari produsen mobil lokal, dimana ada Hyundai dan Kia.

    Halaman Selanjutnya
      Pada tahun 2027, diharapkan…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id