Mobil Baru

    Raize-Rocky Belum Diluncurkan, Kok Dapat Insentif PPnBM?

    Ekawan Raharja - 03 Maret 2021 16:00 WIB
    Raize-Rocky Belum Diluncurkan, Kok Dapat Insentif PPnBM?
    Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dibangun atas basis yang sama namun dengan styling yang berbeda. Medcom.id



    Jakarta: Pemerintah sudah memberikan relaksasi pajak kendaraan bermotor berupa insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru, dan untuk 3 bulan pertama (Maret-Mei 2021) ditanggung pemerintah 100 persen. Namun dalam daftar yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian, tercatat nama Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.
     
    Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021, menyebutkan, terdapat 115 jenis komponen yang bisa masuk dalam perhitungan kandungan lokal. Selain itu, total ada 21 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM sesuai beleid yang diundangkan pada 26 Februari 2021 tersebut.
     
    Varian kendaraan tersebut meliputi dari enam perusahaan, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia, dan PT SGMW Motor Indonesia. Uniknya di dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 terdapat nama Raize dan Rocky.
     
    Dalam lampiran tersebut, baik Raize dan Rocky, memenuhi syarat pembelian lokal hingga 70 persen. Kemudian kedua mobil tersebut juga ada di kolom PT Astra Daihatsu Motor, yang berarti mobil ini akan diproduksi Daihatsu.
     
    Perlu diperhatikan bahwa mobil tersebut belum diluncurkan di pasar otomotif nasional. Lantas bagaimana mobil tersebut bisa terdaftar di Kementerian Perindustrian?
     
     
    Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky. Hal ini tidak terlepas karena mereka berencana untuk memperkenalkan model tersebut di periode program relaksasi pajak.
     
    “Walaupun Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia Tjandra.
     
    Nah ini sekaligus menjadi kode dari Jenama asal Jepang itu untuk momen peluncuran Raize-Rocky dalam waktu dekat ini. Kira-kira kapan nih?

    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id