Industri Otomotif

    Efek Pandemik Covid-19, Penjualan Mobil Ambulans Meningkat

    Ekawan Raharja - 30 September 2020 12:00 WIB
    Efek Pandemik Covid-19, Penjualan Mobil Ambulans Meningkat
    Toyota Hiace yang dimodifikasi khusus untuk membawa pasien virus korona. Toyota
    Jakarta: Di tengah Pandemik Covid-19 yang terjadi sekarang ini nyatanya masih memberikan efek positif terhadap penjualan kendaraan bermotor. Di saat para tenaga medis membutuhkan banyak ambulans untuk berbagai keperluannya, hal ini turut meningkatkan segmen kendaraan komersial untuk mendukung pembuatan ambulans.
     
    Toyota sendiri akui kalau sekarang ini penjualan HiAce cukup tinggi. Hal ini tidak terlepas akan kebutuhan ambulans dan HiAce banyak dimanfaatkan sebagai basis produksinya.
     
    "HiAce penerimaan cukup baik. HiAce bahkan di bulan ini kita dapat pesanan kira-kira sekitar 800 unit sampai kemarin, 790-an unit. Sebagian datangnya dari kebutuhan dari rumah sakit seperti ambulans," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Selasa (29/9/2020) yang diselenggarakan oleh PT Astra International secara virtual.
     
    Jika di kondisi biasa, untuk per bulannya tidak mencapai 300-an unit. "Kita melihat beberapa bulan belakangan ini market commercial cukup meningkat dibandingkan dengan awal tahun," kata Anton.
     
    Selain Toyota, sejumlah merek lain juga menyebutkan cukup mendapatkan penjualan yang baik karena pengadaan ambulans. Sebut saja Suzuki APV dan DFSK Super Cab sekarang ini sudah bisa diubah menjadi mobil ambulans, dan cukup laris sekarang ini.

    Suzuki pernah membuka data total penjualan APV di kuartal I sebanyak 1.399 unit, 74 persen di antaranya disumbang oleh penjualan APV ambulans atau sebanyak 1.038 unit. Permintaan APV ambulans tersebut didominasi sektor pemerintahan yaitu sebesar 88 persen (April 2020). 

    Menderma Ambulans ke Pemerintah

    Efek Pandemik Covid-19, Penjualan Mobil Ambulans Meningkat

    Meski diakui sekarang ini sedang panen penjualan mobil untuk dijadikan ambulans, Jenama asal Jepang ini juga memberikan sumbangan ambulans ke sejumlah pihak. Terakhir mereka mendermakan 1 unit Kijang Innova ambulance dan 3.000 face mask kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi.
     
    Kijang Innova ambulans ini merupakan hasil konversi dari salah satu supply chain PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan bagian dari aktivitas corporate social responsibility (CSR) dalam membantu menghadapi pandemi COVID-19. Total mereka mengalokasikan sebanyak 17 unit Kijang Innova ambulans untuk didonasikan ke berbagai kalangan.
     
    Selain ke beberapa pemda, sebelumnya juga telah diserahkan ambulans kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan pondok pesantren. Bersama para dealer, supply chain, dan afiliasi, hingga kini juga telah disalurkan 108.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 40.000 face mask. 
     
    “Kami menyampaikan simpati yang mendalam kepada semua pihak yang terkena dampak Covid-19 dan penghargaan tinggi kepada pemerintah dan tenaga medis yang bekerja keras di garis terdepan dalam penanggulangan pandemi ini. Harapan kami, bantuan ini dapat berperan dalam mencegah penyebaran dan aktivitas mobilitas Pemkab Bekasi dalam menghadapi wabah COVID-19,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Edward Otto Kanter, melalui keterangan resminya.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id