Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Ahmad Garuda - 20 September 2019 13:09 WIB
    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar
    Mengunjungi lokasi wisata yang anti mainstream, alternatif lokasinya cukup banyak, termasuk di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat. medcom.id/Ahmad Garuda
    Makassar: Matahari baru terbit di ufuk timur Indonesia dan itu membuatku seakan lebih hidup menjalani hari. Yap, pertengahan September 2019 yang cerah, jadi waktu yang tepat untuk melakukan wisata anti mainstream (tidak umum) di gerbang Indonesia Timur yaitu Sulawesi Selatan dan Barat.

    Kali ini saya menggunakan BMW X1 sebagai salah satu sport activity vehicle (SAV) di jajaran mobil milik berperawakan tangguh dari pabrikan mobil asal Jerman itu. Berbekal mesin 1.500 cc berteknologi pemampat udara alias turbo khas BMW, saya melakukan perjalanan ke beberapa tempat dan lokasi kuliner yang masih masih jarang diketahui wisatawan domestik. Mau tahu apa saja? Simak ulasan perjalanan saya, ngebolang di Sulawesi Selatan dan Barat.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Danau Unhas
    Danau buatan ini dibangun bersamaan dengan dibangunnya kompleks perkuliahan Universitas Hasanuddin pada 1980-an. Saya sengaja memilih lokasi ini sebagai spot pertama sebagai destinasi wisata yang anti mainstream di Kota Makassar.

    Alasannya jelas, danau ini memiliki udara yang sejuk, pemandangan yang asri, tidak butuh tiket masuk dan bisa dinikmati segala usia dan juga memiliki beberapa fasilitas olah raga serta sarana ibadah di sekitarnya. Bahkan bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga pun bisa menikmatinya.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Pulau Camba-Cambang, Pangkep
    Pulau Camba-Cambang adalah sebuah pulau yang memiliki keindahan tersendiri. Pulau kecil tak berpenghuni ini, dulu sempat ramai. Namun sayang, sekarang seperti kurang terawat. Itu terlihat dari beberapa fasilitas yang ada malah dibiarkan tak terpakai begitu saja. Padahal tempat ini sangat bagus sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga dan teman.

    Pulau ini masuk dalam gugusan pulau yang terdapat di wilayah Pangkajene dan Kepulauan. Jaraknya sekitar 10 km dari Kota Pangkep. Anda harus menyewa kapal untuk menyeberang mulai dari Rp150 ribu hingga Rp200 ribu. Tergantung dari sepi atau tidaknya jumlah penumpang. Jika beruntung, Anda juga bisa menikmati para petani garam memanen garam yang siap dipasarkan sebelum sampai ke pelabuhan Maccini Baji sebagai tempat untuk menyeberang ke Pulau Camba-Cambang.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Pantai Dato' Majene
    Kawasan Pantai Dato' sudah lama jadi destinasi wisata. Kini dikelola langsung oleh pemerintah daerah dan diberlakukan sistem retribusi yaitu Rp.3000 per kepala. Namun apa yang Anda bayar, tentu tidak sebanding dengan kesenangan yang bisa dinikmati. Beberapa gazebo juga sudah disiapkan untuk pengunjung agar lebih nyaman. Berikut dengan anjungan yang menjorok ke laut.

    Pantai Dato' kurang lebih berjarak 1,5 kilometer dari jalan utama Kota Majene. Bentuknya adalah pantai yang berada di samping tebing. Jika Anda ingin menikmatinya, Anda harus melawati anak tangga.

    Rewata'a
    Area Rewata'a adalah sebutan untuk sebuah spot di wilayah Pamboang. Lokasinya berjarak sekitar 20 km dari Kabupaten Majene dan menyajikan pemandangan alam berupa tebing dan pantai. Bahkan ada bagian gunung yang dilewati oleh jalan protokol. Uniknya, ada lokasi yang dijadikan sebagai tempat untuk bersantai berupa restoran dan cafe yang menghadap langsung ke pantai.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Restoran ini dilengkapi dengan beberapa gazebo sebagai tempat untuk melepas lelah mereka yang berada di dalam perjalanan. Restoran dan cafe tersebut buka hingga Pukul 12:00, sehingga pada saat bulan purnama, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang menyenangkan bersama teman atau keluarga.

    Pusat Kuliner di Pantai Onang
    Kawasan pantai di Desa Onang, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, bisa dibilang jadi salah satu spot yang memiliki pantai yang sangat alami. Uniknya, di sepanjang jalan di wilayah tersebut, juga terdapat banyak penjaja makanan khas Suku Mandar.

    Di antaranya jepa, baye', gogos, buras, bolu paranggi dan beberapa lagi lainnya. Bahkan jika beruntung, Anda bisa menikmati ikan terbang yang dibakar dengan cara asap yang baru saja ditangkat oleh nelayan setempat. Tentu sangat disayangkan jika Anda melewati wilayah ini dan tidak mampir.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Kuburan Mobil
    Meski mungkin sangat jarang orang yang meliriknya lantaran terlihat hanya jadi sebuah tempat pembuangan mobil rongsok berikut dengan alat beratnya, namun jika dilihat dari sisi berbeda, cukup menarik jadi spot foto. Berada di wilayah Tappalang, Kabupaten Mamuju, lokasi ini menawarkan pandangan indah untuk sekadar terlihat eksis.

    Lantaran kawasannya sedikit tertutup sehingga Anda harus meminta izin ke penduduk setempat jika ingin mengambil spot foto di sana.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Jembatan Bolong
    Wilayan ini punya struktur jembatan yang menarik. Lantaran struktur bangunan yang menjulang ke bawah lantaran dibangun di atas lembah yang di bawahnya mengalir sungai. Saat musim durian, banyak dari mereka yang melakukan perjalanan, sengaja mampir di sini untuk makan durian yang baru saja habis dipanen.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream SulselbarLandmark Mamuju City, Museum Kota dan Anjungan Pantai
    Di Kota Mamuju, beberapa spot wisata menarik bisa ditemui dengan mudah. Spot pertama yang saya kunjungi adalah landmark MAMUJU CITY yang berada di lereng pegunungan. Penanda ini mirip dengan penanda HOLLYWOOD yang ada di Amerika namun dengan font yang berbeda. Di lokasi tersebut sangat memungkinkan memandangi Kota Mamuju dari atas.

    Berpindah ke lokasi selanjutnya adalah Museum Kota dan kompleks rumah adat yang terdapat di tepi pantai dan juga berada di kawasan jalan protokol Kota Mamuju. Anda bisa bebas menikmati dan berkeliling di tempat-tempat ini bersama keluarga dan menikmati uniknya rumah adat di sana.

    Lalu yang terakhir adalah Anjungan Pantai Manakarra yang juga jadi ikon baru di sana. Anjungan pantai ini sempat viral lantaran dianggap seperti cerminan mata satu atau mata Dajjal. Sehingga pengelola anjungan melakukan perombakan. Meski demikian, tempat ini selalu ramai setiap sore hingga malam dan jadi lokasi wisata menarik bagi warga lokal maupun pendatang.

    Jajal BMW X1 ke Lokasi Wisata Anti Mainstream Sulselbar

    Atupe' dan Uwai Dolong
    Selain beberapa penganan khas di lokasi wisata di atas, ada juag kuliner khas Mandar seperti nasi kuning ala Mandar dan atupe' yang ditemani dengan uwai dolong atau air kayu merah. Atupe adalah makanan seperti ketupat sayur namun dengan rasa khas mandar. Biasanya lauknya menggunakan telur masak dan ikan tuna goreng dipadu dengan sambal tomat.

    Minumnya pun cukup spesial yaitu uwai dolong atau air minum yang dimasak dengan cara menambahkan potongan kayu merah ke dalam air yang dimasak. Sehingga airnya terlihat kemerahan. Khasiatnya? bisa membuat aroma air minum jadi lebih wangi dan jadi penyemangat saat meneguknya sampai habis.

    Impresi Berkendara
    Menggunakan tipe sport activity vehicle (SAV) atau yang kita kenal dengan tipe SUV, memberikan kenyamanan tersendiri di perjalanan. Mode driving Eco, Normal dan Sport membuat pengendaraan lebih fleksibel. Saat ingin mode berkendara yang lebih agresif, tipe sport sudah pasti sangat mengasikkan. Tak lupa memainkan mode transmisi semi manualnya di tipe jalan berkelok, agar engine braking lebih baik ternyata cukup membantu.

    Sayangnya di wilayah luar Jawa, memiliki kendaraan Eropa seperti jadi momok yang menakutkan. Terutama soal perawatan dan ketersediaan komponennya. Ini juga berlaku untuk tipe mobil Eropa lainnya seperti Mercedes-Benz, Audi, Volkswagen, Land Rover atau bahkan mobil dengan brand Amerika seperti Ford dan Chevrolet.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id