Petualangan Asik di GIXA 2019

    Ahmad Garuda - 03 Oktober 2019 13:12 WIB
    Petualangan Asik di GIXA 2019
    GIXA tahun ini diikuti oleh puluhan peserta baik mobil maupun motor. GIXA
    Sumatera Utara: Puluhan mobil dan motor dengan spesifikasi offroad, jajal medan ekstrim di GIXA atau Green International Xtreme Adventure. Event tahunan IOF (Indonesia Off-Road Federation) Sumatera Utara yang 2019 ini memasuki penyelenggaraan ke-6, memang berlangsung cukup seri. Event yang berlangsung mulai 28 September hingga 5 Oktober 2019 di Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara itu, dihadiri banyak offroader.

    Terdapat 17 mobil dan 13 motor. Semua peserta diajak mengeksplorasi kawasan di Dairi, Sidikalang, Sumut. Peserta GIXA 2019 secara seremonial dilepas langsung oleh Bupati Sidikalang, Eddy Keleng Ate Berutu dari Gedung Nasional Djauli Manik, Sidikalang.

    “Event ini bukan semata event ekstrem adventure semata, namun juga peduli lingkungan dan berlangsung di daerah yang cukup dingin,” tegas Ketua IOF Sumut yang juga leader di GIXA 2019, Rizal Bastaman Omen Matondang melalui keterangan persnya.

    Eddy Keleng yang merupakan Bupati Dairi, menegaskan bahwa kegiatan seperti ini dapat mendongkrak potensi pariwisata daerah karena selain ada peserta dari luar Sumut dan juga lewat soaial media.

    Kemudian ppeserta mengeksplorasi kawasan yang ada di Sidikalang, di antaranya Siempat Nempu Hulu-Sumbul Karo-Tigalingga, Pamah, Sumbul Pegagan, Lae Pondom dan destinasi wisata Dairi Kawasan Geopark Kaldera Toba Geosite Silahisabungan Tao Silalahi dan berakhir di Silalahi.

    “Kegiatan ekstrem adventure ini merupakan event yang mengutamakan kerja sama, persahabatan dan persaudaraan,” lanjut Omen yang nengok dipanggil BO alias Bang Omen.

    Selama perjalanan 8 hari, semua peserta tidur di tenda pada lokasi yang sudah ditentukan jadi basecamp. “Selain istirahat dan makan malam, upaya perbaikan dan lainnya bisa dilakukan di basecamp sebelum lanjut ke etape atau hari berikutnya,” sebut Musa Idhishah atau Doddy, Ketua Xtrim Indonesia yang juga penggagas GIXA.

    Hingga berita ini diturunkan, peserta sudah berada di basecamp 5, Ujung Baru, Tanjung Beringin, Sidikalang. Setiap harinya atau selepas meliabas trek dengan berbagai tingkat kesulitan berbeda, semua peserta akan bermalam di basecamp terdekat dari trek.

    Di basecamp (BC) yang langgan di pinggir sungai, semua peserta akan buka tenda untuk mandi, makan dan istirahat untuk melewati trek hari berikutnya. Sampai berita ini diturunkan, semua peserta dalam perjalanan menuju BC 4 di desa Ujung Baru, Tanjung Bringin, Sidikalang, Sumut.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id