Generasi Baru Toyota Mirai Usung Teknologi Unggul Hidrogen

    Ekawan Raharja - 14 Oktober 2019 08:21 WIB
    Generasi Baru Toyota Mirai Usung Teknologi Unggul Hidrogen
    Toyota Mirai generasi kedua mulai diperkenalkan sebagai mobil konsep. Toyota
    Tokyo: Toyota selain menghadirkan mobil-mobil dengan bersumber tenaga listrik, mereka juga mengembangkan mobil dengan sumber reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen yang lebih familiar disebut bertenaga hidrogen. Pabrikan asal Jepang ini siap menunjukan hasil pengembannya melalui All New Toyota Mirai yang setia menggunakan sumber tenaga hidrogen.
     
    Generasi kedua Mirai ini tampil dengan gaya yang lebih mewah dan teknologi lebih unggul dari generasi sebelumnya. Panggung Tokyo Motor Show 2019 sudah dipersiapkan sebagai debut pertamanya meluncur menyandang status mobil konsep.
     
    Pembaruan All New Mirai hadir dengan bekal platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) yang sudah digunakan di berbagai mobil-mobil Toyota seperti Toyota Camry atau Toyota C-HR. Perubahan sasis juga berefek kepada ukuran Mirai yang lebih besar daripada generasi sebelumnya.
     
    Generasi Baru Toyota Mirai Usung Teknologi Unggul Hidrogen

    Mobil ini memiliki panjang 4.975 mm, lebar 1.885 mm, tinggi 1.470 mm, dengan wheelbase mencapai 2.920 mm. Artinya, ukuran mobil ramah lingkungan ini lebih panjang 85 mm, lebih lebar 70 mm, lebih rendah 65 mm, dan wheelbase telah tumbuh 140 mm dari model sebelumnya.
     
    Ubahan desain eksterior juga terasa signifikan dengan grill trapesium yang lebih besar, lampu depan lebih ramping di dua tingkat, dan menampilkan mobil yang lebih ramping. Hal ini memberikan kesan mewah dan aura premium layaknya Toyota Camry yang merupakan salah satu high end sedan milik pabrikan Jepang itu.
     
    Sebagai mobil konsep, Toyota Belum mengumumkan rincian teknis terkait spesifikasi. Tetapi Toyota menjanjikan kenaikan jarak tempuh hingga 30 persen dibanding model sebelumnya. Kemampuan ini tidak terlepas dari peningkatan penyimpanan hidrogen yang akan membawa penumpang bepergian hingga 650 kilometer.

    Generasi Baru Toyota Mirai Usung Teknologi Unggul Hidrogen
     
    Tidak hanya jarak tempuh, Toyota Mirai terbaru ini juga bakal mendapatkan performa yang lebih besar, meskipun spesifikasinya memang belum dibocorkan hingga saat ini.
     
    "Kami telah bekerja untuk membuat mobil yang ingin dikendarai pelanggan setiap saat, mobil yang memiliki desain yang menarik dan emosional serta jenis kinerja yang dinamis dan responsif yang dapat membawa senyum ke wajah pengemudi," kata Kepala Insinyur Mirai, Yoshikazu Tanaka, dikutip dari Paultan.
     
    Di tingkat global, tidak hanya Toyota yang mengembangkan mobil berbasis tenaga hidrogen melalui Mirai. Honda juga melakukan hal serupa melalui Honda Clarity dan sudah pernah ditampilkan di Indonesia melalui ajang pameran otomotif. Sayangnya baik Mirai dan Clarity tidak dipasarkan di tanah air mengingat fasilitas pengisian hidrogen untuk mobil hampir tidak ada di Indonesia.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id