Pakai Damper di Suspensi, Beda Pasang, Beda Fungsi

    Ahmad Garuda - 07 Mei 2019 14:55 WIB
    Pakai Damper di Suspensi, Beda Pasang, Beda Fungsi
    Pakai damper punya ragam fungsi, namun fungsi utamanya ketika dipasang di bagian tengah suspensi. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Ketidakpuasan beberapa orang terhadap sistem peredam kejut di beberapa mobil, seperti terlalu lunak, biasanya diakali dengan memasang komponen substitusi komponen lain. Bisa dengan komponen merek sejenis beda tipe, bisa juga dengan beda tipe dan beda jenis namun secara fisik sama.

    Namun ada salah satu solusi yang ditawarkan oleh Prime Suspension, yaitu memasang damper atau peredam tambahan di suspensi. Peredam tambahan ini berupa karet yang didesain untuk lengket ke bagian suspensi kendaraan. Tapi jangan salah, pemasangannya tak boleh dilakukan sembarangan lantaran fungsinya akan berbeda.

    Direktur Pemasaran Prime Suspension, Ruth Yuliana saat mengobrol langsung ke Medcom.id, bahwa pemasangan damper seperti ini, punya banyak fungsi. Paling utama adalah untuk menjaga suspensi lebih awet, dan membuat driving feeling lebih baik. Kinerja suspensi juga jadi lebih baik untuk membuat mobil lebih stabil.

    "Namun jangan salah sangka, pemasangan harus dilakukan di bagian terbesar lingkar suspensi. Tepatnya di bagian tengah, untuk membuat damper ini bisa berfungsi lebih baik. Karena tujuannya adalah memberikan efek terhadap suspensi kendaraan dan menjaga jarak main antara bagian atas dan bagian bawah," ujar Ruth.

    Ia melanjutkan bahwa kalau pemasangannya dilakukan di bagian pangkal, maka tujuan dan fungsinya sebagai damper atau stabiliser di suspensi kendaraan, tidak terlalu besar. Ruth menegaskan bahwa fungsinya akan berubah sebagai komponen anti mentok atau untuk mencegah roda menyentuh fender kendaraan.

    Damper ini memang banyak digunakan oleh mereka pemilik kendaraan yang ogah mengeluarkan budget lebih banyak untuk membeli komponen suspensi aftermarket yang harganya bisa lebih mahal. Lantaran dengan komponen aksesoris seperti ini, mereka tetap bisa menggunakan komponen bawaan mobil, hanya dengan penambahan damper.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id