Fokus di Elektrifikasi, Nissan Punya Kejutan untuk Indonesia

    Ahmad Garuda - 21 Februari 2019 10:05 WIB
    Fokus di Elektrifikasi, Nissan Punya Kejutan untuk Indonesia
    Apakah Leaf akan segera meluncur di Indonesia sebagai komitmen elektrifikasi mobil Nissan? medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Elektrifikasi industri otomotif nasional, saat ini sedang digodok regulasinya oleh pemerintah. Meski terkesan lama dan berjalan di tempat, namun beberapa brand sudah pasang komitmen tingginya untuk elektrifikasi ini. Toyota, Mitsubishi, NIssan BMW dan Mercedes-Benz adalah brand yang sudah memboyong mobil hybrid dan mobil listriknya.

    Nissan yang beberapa hari lalu baru meluncurkan dua MPV anyarnya yaitu All New Livina di segmen small MPV dan MPV medium All New Serena, menegaskan komitmennya untuk elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Menurut Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi, bahwa elektrifikasi adalah fokus utama mereka untuk pasar nasional.
    "All New Livina punya pasar besar di Indonesia, dan kami juga sudah membuktikan itu. Namun sebenarnya fokus kami adalah bagaimana kami merespon tren otomotif global yaitu mobil listrik dan elektrifikasi industri otomotif nasional. Mengingat ini adalah teknologi otomotif masa depan yang bisa jadi tak lama lagi hits di Indonesia," ujar Sekiguchi pada Selasa (19/2/2019).

    Namun seperti apa detail fokus yang Ia maksud, tak juga dijelaskan kepada para jurnalis yang hadir di sana. Ia bahkan menegaskan bahwa komitmen mereka untuk pasar Indonesia, tahun ini bakal kembali mencuat.

    Fokus di Elektrifikasi, Nissan Punya Kejutan untuk IndonesiaJika melihat strategi yang mereka mainkan, indikasi tentang ambisi Nissan untuk memperbaiki penjualan mereka di pasar nasional cukup besar. All New Livina yang berbasis Mitsubishi Xpander pun mereka pasarkan dengan hanya melakukan ubahan di logo, tampilan dan beberapa fitur safety saja.

    Sementara untuk platform mobil, tak ada yang diubah. Termasuk ground clearance atau ketinggian dasar mobil dari permukaan jalan, lalu basis SUV hingga desain bagian samping dan buritan. Ini mengindikasikan bahwa Nissan ingin memanfaatkan naik daunnya small MPV Mitsubishi itu sebagai dasar mereka untuk kembali bangkit di pasar otomotif nasional.

    Elektrifikasi Nissan di Indonesia

    Kembali ke soal elektrifikasi, sebenarnya bukan hal baru bagi Nissan. Melalui acara Nissan Futures yang berlangsung tahun lalu di SIngapura, mereka menegaskan pemasaran Leaf (mobil listrik terlaris dunia dari Nissan) untuk kawasan Asia dan Oseania.

    Dalam konferensi tersebut, ditetapkan tujuh dari sembilan negara yang mereka targetkan untuk pemasaran Leaf, juga tersebut nama Indonesia. Tujuh negara yang ditetapkan sudah bisa menjual mobil listrik karena regulasinya sudah mendukung adalah Australia, Hong Kong, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan dan Thailand. Sementara untuk Indonesia dan Filipina saat itu masih diriset secara mendalam.

    "Peluncuran yang nantinya dilakukan di banyak negara Asia dan Oseania merupakan perwujudan komitmen kami sebagai pemeran utama dalam elektrifikasi mobil. Terutama di wilayah yang dinamis dan untuk menghadirkan mobilitas masa depan dalam waktu singkat,” ujar Regional Senior Vice President Nissan Motor Co. Ltd, Yutaka Sanada di momen tersebut.

    Ketika melakukan kunjungan ke Indonesia untuk meluncurkan small MPV terbaru mereka beberapa hari lalu, pun Sanada menegaskan bakal memberikan kejutan untuk Indonesia.

    Sebelumnya, mereka juga telah meluncurkan Note e-Power di pasar nasional. Sayangnya, harga jual Note e-Power tak pernah dirilis dan hanya menguap begitu saja. Lalu apakah Leaf akan segera diluncurkan dan dijual di Indonesia? Semoga saja.

    Selain Nissan, BMW Group Indonesia juga rencananya membawa mobil listriknya ke Indonesia yaitu i3 tahun ini.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id