Industri Otomotif

    Fuso Pasang Target Tinggi Penjualan Truk di 2020

    Ahmad Garuda - 11 Februari 2020 18:15 WIB
    Fuso Pasang Target Tinggi Penjualan Truk di 2020
    Mitsubishi Fuso masih sanggup mendominasi pasar dengan angka 44,2 persen dengan angka riil 41,736 unit di 2019. Medcom.id/Ahmad Garuda

    Jakarta: Penjualan kendaraan niaga di tahun lalu, bisa dibilang mengalami penurunan yang cukup besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lantaran dari total 116,421 unit yang terjual selama 2018 lalu, di 2019 penjualan total kendaraan niaga dari data yang berhasil dihimpun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), hanya 94,323 unit.

    Namun Mitsubishi Fuso sebagai produsen kendaraan niaga untuk beberapa segmen, mengaku tetap puas terhadap pencapaian mereka. Lantaran brand asal Jepang ini masih sanggup mendominasi pasar dengan angka 44,2 persen dengan angka riil 41,736 unit. 


    Colt Diesel masih menjadi varian yang terlaris dengan jumlah 36,575 unit di segmen light duty trucks. Sedangkan untuk Fuso dan Fighter sanggup melakukan penetrasi dengan angka ril 5,161 unit dan menguasai sebesar 23,4 persen di segmennya.

    Fuso Pasang Target Tinggi Penjualan Truk di 2020

    “Kami sangat optimis pasar otomotif nasional masih akan terus membaik di 2020. Itu terlihat dari komitmen besar pemerintah untuk terus melanjutkan pembangunan infrastruktur. Kemudian juga naiknya permintaan akan CPO atau minyak kelapa sawit untuk kebutuhan campuran bahan bakar. Rasanya ini akan membuat segmen light duty trucks dan segmen heavy duty trucks akan tetap menggeliat,” ujar Sales and Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono saat jumpa pers yang berlangsung hari ini, Selasa (11/2/2020) di Novotel Cikini, Jakarta.

    Soal optimisme tersebut, Ia menegaskan bahwa pasar otomotif nasional akan terpicu oleh konsistensi pemerintah soal infrastruktur dan CPO. Mengingat kedua bidang ini memang meningkat cukup pesat.

    Untuk tahap awal di 2020, Duljatmono tak memasang target besar. Tapi di semester kedua, Ia sangat yakin peningkatannya cukup signifikan. Hal itu disebabkan oleh pasar otomotif yang menurutnya mulai membaik jika kondisi yang kondusif seperti sekarang tetap berlangsung.

    Optimisme ini tentu tak hanya datang dari Mitsubishi Fuso sebagai produsen kendaraan niaga. Namun juga datang dari produsen kendaraan penumpang terutama di brand yang sama yaitu Mitsubishi. Mereka bahkan cukup optimis juga untuk kendaraan niaga ringan seperti  L200. 

    Meski tak mudah karena rivalnya seperti Hino, UD Trucks, Isuzu bahkan pemain dari India seperti Tata Motors juga gencar memasuki segmen yang sama, namun fakta bahwa mereka tetap jadi pilihan, tak bisa diabaikan. Apalagi beragam sistem digitalisasi layanan untuk kebutuhan pengelolaan armada kian memperkuat basis bisnisnya. Tinggal tunggu buktinya saja.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id