Lalu Lintas

    Bisa Lolos Mudik Lebaran Ini? Siap-Siap Baliknya Dipersulit

    Ekawan Raharja - 24 Mei 2020 11:29 WIB
    Bisa Lolos Mudik Lebaran Ini? Siap-Siap Baliknya Dipersulit
    Nantinya untuk pemeriksaan arus balik mudik akan dilakukan dengan cara penyekatan di jalan-jalan mulai H+1 Lebaran hingga H+7. Jasa Marga



    Jakarta: Pemerintah memang melarang masyarakat untuk mudik, meski banyak yang tidak mengindahkan larangan ini. Bagi yang bisa mudik ke kampung halamannya di berbagai daerah jangan kelewat senang dulu, karena untuk kembalinya akan cukup sulit.
     
    Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, menjelaskan pihak kepolisian sudah memiliki rencana untuk mengantisipasi arus balik mudik ke Jakarta. Bahkan untuk masyarakat masuk ke Jakarta nanti akan sulit karena harus mendapatkan izin terlebih dahulu.
     
    Karena sekali lagi, bahwa keluar/masuk Jakarta harus punya Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM). Jadi kalau dia masuk Jakarta tanpa SIKM, dia akan diputarbalikkan," kata AKBP Fahri Siregar Jumat (22/5/2020) melalui webinar.
     
    Nantinya untuk pemeriksaan ini akan dilakukan dengan cara penyekatan di jalan-jalan mulai H+1 Lebaran hingga H+7. Pos pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat juga akan lebih digiatkan pada sejumlah titik keberangkatan menuju Jakarta.
     
    "Jadi penyekatan arus balik akan kami koordinasikan dengan Polda setempat, misal di Karawang, Banten di Cikupa, kemudian di beberapa pos lingkungan Polda Metro Jaya," jelasnya.
     
    "Sekali lagi masuk ke Jakarta mulai hari ini tidak mudah, di KM 47 Karawang itu ada pemeriksaan SIKM. Masalah arus balik ini tidak mudah, sampai saat ini walaupun masyarakat yang mengakses SIKM tapi banyak yang ditolak, saya dapat infonya dari Wakasatpol PP karena nggak memenuhi persyaratan," sebut Fahri.
     
    SIKM yang diterbitkan ini mengacu kepada Pergub DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta. Cara untuk mengurus surat ini, masyarakat bisa mengakses laman milik Pemprov DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id dan memenuhi berbagai persyaratan yang sudah ditentukan.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id