comscore

Merasa IIMS 2022 Dijegal, Dyandra: Ada yang Mencatut Nama Kemenperin

Ekawan Raharja - 17 Januari 2022 10:00 WIB
Merasa IIMS 2022 Dijegal, Dyandra: Ada yang Mencatut Nama Kemenperin
Suasana pameran IIMS 2021. Dyandra Promosindo

Jakarta: Dyandra Promosindo terus mempersiapkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 sebelum dimulai pada 17 - 27 Februari 2022. Di tengah persiapan ini, pihak penyelenggara merasakan ada yang berusaha menjegal penyelenggaraan pameran otomotif tersebut dengan cara mencatut nama Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
 
Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, menyebutkan ada oknum yang mengatasnamakan Kemenperin dan meminta kepada produsen otomotif untuk hanya ikut di ajang Jakarta Auto Week (JAW) saja. Jika dilihat dari tanggal pelaksanaan, waktu penyelenggaraan JAW berdekatan dengan IIMS 2022, yakni 5 - 13 Maret 2022 di JCC Senayan Jakarta.
 
"Tidak mungkin kemenperin berpihak soal-soal teknis seperti pameran. Semua ekosistem perindustrian, termasuk usaha pameran, adalah anak asuh kemenperin. Dukungan Pak Agus Gumiwang (Menteri Perindustrian) tidak usah diragukan terhadap IIMS," ungkap pria yang akrab disapa Kohen di Kawasan Dharmawangsa Jakarta.
 
Kohen juga sudah meminta penjelasan kepada Kemenperin dan menurutnya tidak ada arahan apapun terkait keikutsertaan peserta pameran otomotif. Selain itu, kohen juga menegaskan bahwa Kemenperin juga memberikan dukungan terhadap IIMS selama ini.
 
"Saya sudah periksa ke Kemenperin, tidak benar ada arahan seperti itu. Pak Agus juga hadir di Istana Negara saat pembukaan IIMS 2021 dan lanjut inspeksi ke JIExpo (lokasi IIMS 2022)," lanjut Kohen.

 

 
Karena ulah oknum tersebut, beber Kohen, ada 2 -3 pabrikan yang batal atau kembali pikir-pikir ulang untuk ikut serta di IIMS tahun ini. Alasan para peserta ini karena mereka tidak mau berhadapan dengan Kemenperin.
 
"Sehingga yang paling berkepentingan meluruskan pencatutan ini pihak Kementerian," lanjutnya.
 

Minta Aturan Ditegakan & Semua Saling Bergandengan Tangan

Bila dilihat baik jadwal kedua pameran tersebut hanya terkait 1 pekan saja. Pihak Dyandra berharap aturan ditegakan, karena dalam peraturan yang disusun oleh Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) tidak boleh ada pameran serupa yang diselenggarakan -30 sampai +30 hari.
 
"Jadwal IIMS 17 - 27 Februari 2022 sudah diumumkan sejak April 2021. Setahu saya ada peraturan asosiasi pameran tidak dibolehkan sebulan sesudah dan sebelum event serupa. Demi menjaga agar iklim pameran tidak saling mematikan. Apalagi di tengah pandemi begini," sebut Kohen.
 
Mantan wartawan otomotif ini juga mengajak semua pihak agar lebih erat bergandengan tangan. Terlebih dalam 2 tahun belakangan ini di masa pandemi, seluruh industri dan ekosistem harus bersatu.
 
"Alam sudah mengajarkan kita untuk bersatu, respek, dan sinergi adalah keharusan. Tidak ada jagoan tunggal. Masak suasana kondusif yang sudah tercipta harus dirusak oleh segelintir orang? Nah, oknum ini yang harus dicari dan tidak diberi ruang untuk menyebar hoax dan mencatut institusi negara seenaknya."



(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id