comscore

Strategi Pit Stop Tak Cukup, Apa Rahasia Verstappen Menangi F1 Kanada?

Ahmad Garuda - 20 Juni 2022 21:22 WIB
Strategi Pit Stop Tak Cukup, Apa Rahasia Verstappen Menangi F1 Kanada?
Max Verstappen begitu kuat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin balapan di F1 Kanada hingga garis finish. Red Bull CP
Kemenangan pembalap Red Bull Racing Max Verstappen di F1 Kanada pada Minggu, 19 Juni 2022, berhasil menunjukkan kompetitif mobil RB18 di Sirkuit Montreal. Meskipun terpaut tipis di garis finis 0,993 detik dari pembalap Ferrari yaitu Carlos Sainz Jr., Verstappen justru bikin balapan berlangsung seru. Kemenangan ini membuatnya mengkoleksi 6 kemenangan pada musim Formula 1 2022. 

Tentunya strategi pit stop saja tak cukup, mengingat banyak juga drama yang terjadi di sirkuit dengan karakter unik itu sehingga beberapa kali safety car virtual dikeluarkan. Apalagi sejak dulu sirkuit ini dikenal menjadi favorit pembalap karena jika meleset dari perhitungan sudut belok mobil, maka akan membuat pembalap berakhir di pagar pembatas sirkuit. Mengingat karakternya yang sangat mengalir, termasuk di beberapa chicane. 
Keluarnya safety car virtual selama beberapa kali, mengakibatkan para pembalap harus mengurangi kecepatannya jadi maksimal 60 persen dari total kecepatan yang bisa mereka cetak di semua bagian sirkuit. Sehingga beberapa pembalap yang sudah menetapkan strategi pit stop pun, buyar. Beruntung Verstappen berhasil bertahan dengan skill defensif yang dimilikinya. 

Baca Juga:
Crosser Indonesia Dipastikan Turun di MXGP Samota


“Sangat menyenangkan di akhir balapan, di dua lap terakhir sangat menyenangkan. Saya tetap fokus dan mengerahkan sekuat tenaga. Memang sangat perlu perhitungan tepat menerapkan strategi karena sering keluarnya Safety Cars. Beruntung kami bisa menyelesaikan dengan baik,” ujar Verstappen yang sekaligus merayakan start ke-150 sepanjang karir di F1.

Namun, sangat disayangkan apa yang terjadi dengan Sergio Perez, terkendala sejak sesi kualifikasi berlanjut hingga pada jalannya balapan. Power unit mengalami masalah dan harus menepi di lintasan di awal lomba, membuat dirinya tak bisa mendapat tambahan poin untuk klasemen.

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara  mengatakan bahwa, kembali meraih kemenangan luar biasa bagi tim Red Bull Racing, tentu jadi hal yang sangat luar biasa.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id