Industri Otomotif

    Nasib Xenia Avanza di Tahun 2020, Bak Bumi dan Langit

    Ekawan Raharja - 17 Januari 2021 09:00 WIB
    Nasib Xenia Avanza di Tahun 2020, Bak Bumi dan Langit
    Daihatsu Xenia. Daihatsu



    Jakarta: Daihatsu sudah mengumumkan sepak terjang penjualan mereka selama tahun 2020 yang menantang akibat pendami. Secara keseluruhan penjualan mobil mereka ditopang oleh Sigra, bukan dari Xenia yang merupakan saudara kembar mobil sejuta umat Toyota Avanza.
     
    Di tahun 2020, penjualan Xenia terbilang kurang baik. Sepanjang tahun lalu, mobil keluarga satu ini hanya terjual 9.231 unit atau berkontribusi hanya 9,2 persen dari total penjualan retail yang mencapai 100.026 unit.
     
    Penjualan Xenia ini jauh berada di bawah Sigra yang berhasil terjual 26.219 unit atau berkontribusi 26,2 persen. Selain itu untuk mobil tujuh penumpang lainnya, Terios, posisinya masih lebih baik daripada Xenia dengan kontribusinya 14,5 persen atau terjual 14.493 unit.
     
    Sebagai perbandingan, Avanza menjadi model paling laris dari Toyota dengan penjualan mencapai 40.728 unit atau berkontribusi 22,3 persen. Secara keseluruhan Toyota masih menjadi yang teratas di pasar otomotif nasional dengan berhasil menjual 182.665 unit berdasarkan retail.
     
    Lantas ada apa dengan performa Xenia di tahun 2020? Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan kondisi ini tidak terlepas dari daya beli konsumen di Indonesia yang menurun akibat Pandemi. Alhasil, konsumen lebih memilih Sigra dibandingkan Xenia untuk kendaraan MPV 7 penumpang.


    Halaman Selanjutnya
      “Sigra dari sisi harga…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id