Ada 5 Pelat Nomor Kendaraan Listrik Di Indonesia

    Ekawan Raharja - 25 November 2021 13:02 WIB
    Ada 5 Pelat Nomor Kendaraan Listrik Di Indonesia
    Jenis-jenis pelat nomor kendaraan listrik. Youtube/BRIN Indonesia



    Tangerang Selatan: Pemerintah sudah memberlakukan pelat nomor khusus untuk kendaraan listrik yang beredar di jalanan Indonesia. Ternyata pelat nomor kendaraan listrik yang dikeluarkan pemerintah tidak hanya satu saja, melainkan ada 5 pelat.

    Peraturan mengenai pelat nomor kendaraan listrik ini sudah tertuang di Perpol (Peraturan Polri) Nomor 7 tahun 2021 Pasa 45 Ayat 2 yang menyebutkan, "warna TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) sebagaimana dimaksud pada ayat 1 ditabahkan tanda khusus untuk ranmor (kendaraan bermotor) listrik yang ditetapkan dengan keputusan Kakorlantas Polri". Korlantas juga sudah mengeluarkan keputusan melalui Keputusan Kaporlantas Polri Nomor 5 Tahun 2020 yang disahkan 8 Januari 2020.

     



    "Ada lima jenis pelat nomor kendaraan listrik, jadi untuk plat hitam dan bawah dasar lis biru itu untuk kendaraan pribadi," ujar Kaurmin Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Rudi Wiransyah Setiono, di siaran acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

    Pertama adalah pelat hitam dengan garis biru yang digunakan untuk kendaraan pribadi. Kedua, pelat kuning dengan garus biru untuk digunakan angkutan umum bertenaga listrik.

    Ketiga, pelat nomor dengan kombinasi warna merah garis biru digunakan untuk kendaraan dinas pemerintah. "Warna merah lis biru untuk kendaraan dinas, tapi sampai saat ini belum ada yang pakai untuk kendaraan dinas atau BUMN. Mungkin nanti di 2022 sudah ada beberapa pengajuan yang masuk khususnya untuk motor dinas," terang Rudi.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id