Lalu Lintas

    Kemacetan Jakarta, Waktu Perjalanan 53 Persen Lebih Lama

    Ekawan Raharja - 03 Februari 2020 07:07 WIB
    Kemacetan Jakarta, Waktu Perjalanan 53 Persen Lebih Lama
    Tomtom memasukan Jakarta sebagai kota termacet ke-10 di dunia. MI/Bary Fathahillah

    Jakarta: Jakarta sebagai Ibukota Indonesia diketahui sebagai salah satu kota dengan kemacetan yang luar biasa. Tercatat untuk menempuh perjalanan di kota ini diperlukan waktu 53 persen lebih lama yang membuat perjalanan semakin lama.

    Menurut data tingkat kemacetan Jakarta TomTom Traffic Index pada 2019 sebesar 53 persen. Tingkat kemacetan atau congestion level di sini adalah perjalanan di Jakarta membutuhkan waktu 53 persen lebih lama dibanding kondisi tanpa kemacetan.


    Jika dirinci lebih dirinci, Tingkat kemacetan mencapai 52 persen untuk penggunaan jalan tol dan 54 persen untuk penggunaan jalan non tol. Hal ini kemudian yang membuat Tomtom memasukan Jakarta sebagai kota termacet ke-10 di dunia. Mereka juga menyebutkan warga Jakarta yang bepergian di jam-jam sibuk menyia-siakan 174 jam di jalan, setara 7 hari 6 jam terbuang sia-sia.

    Kemudian mereka juga membandingkan waktu kemacetan di saat jam berangkat kerja dan pulang kerja. Menurut mereka, kemacetan jam berangkat kerja pagi mencapai 62 persen dan jam pulang kerja malam hari lebih macet mencapai 87 persen.

    Tomtom menyarankan untuk pulang kerja pada Jumat sebaiknya dilakukan sebelum pukul 17.00 WIB. Mengingat waktu pulang kerja pada Jumat merupakan momen paling macet sepanjang hari kerja.

    Jelas kemacetan menimbulkan banyak kerugian yang sangat merepotkan, baik materil dan non materil. Di segi materil, penggunaan kendaraan akan membuang bahan bakar lebih macet karena kondisi macet membuat mesin tetap bekerja membakar minyak meski kendaraan tidak berjalan. Selain itu kemacetan jelas terkadang bisa memancing emosi sehingga mereka tidak sabar, tentu kondisi ini tidak baik untuk kesehatan mental.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id