Kapan Waktu Ideal Servis Mobil Sebelum Mudik?

    M. Bagus Rachmanto - 11 Desember 2019 08:41 WIB
    Kapan Waktu Ideal Servis Mobil Sebelum Mudik?
    Servis mobil untuk mudik jauh-jauh hari agar mobil aman di jalan dan tidak antri. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Menggunakan mobil pribadi untuk mudik masih menjadi alternatif pilihan sebagian orang, bahkan tidak jarang mereka membeli mobil untuk digunakan mudik tahun ini. Tetapi sebelum tancap gas menuju kampung halaman, ada baiknya kendaraan diservis terlebih dahulu.
     
    Pastikan Anda melakukan servis mobil jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, terutama mobil yang usianya di atas lima tahun. Mengapa? Sebab, perjalanan mudik yang jauh membutuhkan mobil yang prima untuk menunjang kenyamanan dan keamanan.
     
    "Waktu yang ideal untuk mempersiapkan mobil Anda adalah, minimal dua minggu sebelum hari H. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari antrean panjang di bengkel, karena biasanya semakin dekat hari lebaran, akan semakin banyak yang servis mobil untuk mudik," kata Fahmi pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, beberapa waktu lalu,
     
    Selain itu, dengan tenggang waktu yang masih tersisa bisa mencegah persiapan yang terlupa/terlewat saat servis mobil. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap tempur untuk mudik nanti?

    Belum lagi situasi lalu lintas yang cenderung padat dan tak jarang terjadi antrean panjang kendaraan. Kondisi mesin mobil yang prima akan meminimalkan terjadinya mogok dan gangguan teknis lainnya sepanjang perjalanan.

    Menurut Fahmi, sebelum membawa mobil bekas untuk jalan sebaiknya diservis dulu. Hal ini untuk memastikan kendaraan yang bakal dipakai nyaman dan aman selama perjalanan mudik.
     
    "Sebelum mudik kalau pakai mobil bekas diservis dulu. Lebih baik servisnya di bengkel langganan Anda atau bengkel resmi biar lebih terjamin," jelas Fahmi kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.
     
    Lebih lanjut Fahmi menjelakan, hal pertama yang harus diperiksa adalah kondisi mesin. Pastikan bahwa kondisi mesin tidak mengalami kerusakan ataupun masalah.
     
    Selanjutnya yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki. Jalur mudik yang tidak bisa ditebak membuat kaki-kaki harus prima dan kuat untuk diajak jalan jauh.
     
    Kemudian yang tidak boleh terlupakan adalah bagian cairan di mesin. Pastikan oli mesin, oli rem, oli gardan, cairan radiator, dan berbagai cairan di dalam kendaraan cukup.
     
    Pengecekan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk mobil bekas saja, tetapi mobil baru pun harus diperiksa sebelum perjalanan jauh. Tentu saja diharapkan mudik menjadi menyenangkan dan bisa selamat sampai kampung halaman.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id