Sejarah Otomotif

    Mengenal Volkswagen Kubelwagen yang Bisa di 2 Alam

    Ekawan Raharja - 29 Desember 2020 16:23 WIB
    Mengenal Volkswagen Kubelwagen yang Bisa di 2 Alam
    VW K├╝belwagen type 82. Wikipedia/Alexander Z.



    Jerman: Sejumlah merek otomotif sudah mengembangkan mobil yang bisa digunakan di 2 alam yakni amphibi di darat dan air. Salah satu yang menjadi pioner dalam membuat mobil amphibi ini adalah Volkswagen (VW).

    VW diketahui memiliki model amphibi yang diberi nama Kubelwagen. Mobil ini sudah diproduksi sejak tahun 1938 untuk digunakan sebagai kendaraan perang Jerman.

     



    Militer Jerman ingin membuat sebuah kendaraan perang yang bisa digunakan di medan offroad dan on road, hingga di lokasi ekstrem. Hingga akhirnya pihak militer menghubungi Ferdinand Porsche sebagai salah satu pendiri perusahaan VW.

    Nama Kubelwagen merupakan singkatan dari Kubelsitzwagen yang berarti Bucket/tub-seat Car. Mobil ini menggunakan basis VW Beetle Tipe 62, sasis dan mekanik lainnya diproduksi di Stadt des KdF-Wagens (dinamai Wolfsburg pasca 1945), dan body dibangun oleh perusahaan AS Ambi Budd Presswerke di Berlin.

    Mobil ini menggunakan mesin 1.000 cc dengan tenaga 23,8 daya kuda. Catatan kecepatannya di darat, bisa mencapai 80 kilometer per jam.

    Mobil ini menggunakan sistem penggerak 2WD. Kemudian ketika masuk ke air, maka tersedia baling-baling untuk penggeraknya yang diletakan di belakang.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id