Selain Mesin Bakar, Komponen Otomotif pun Bisa Reduksi Emisi

    Ahmad Garuda - 21 Mei 2019 09:57 WIB
    Selain Mesin Bakar, Komponen Otomotif pun Bisa Reduksi Emisi
    Pengembangan komponen otomotif yang ramah lingkungan seperti iBooster dan baterai 48 volt sudah dilakukan Bosch. Bosch
    Jakarta: Perkembangan teknologi komponen otomotif dunia, terus mengalami kemajuan pesat. Ragam teknologi yang dibuat, tak lain untuk berpartisipasi mengurangi polusi lingkungan terutama udara.

    Beberapa produsen komponen otomotif pun merespon hal tersebut, di antaranya dengan cara menghadirkan komponen otomotif yang bisa mereduksi emisi udara seperti karbondioksida. Salah satunya adalah perusahaan teknologi komponen otomotif asal Jerman yaitu Bosch.

    Sistem aki hibrida 48-Volt
    Di mana-mana, para produsen mobil berupaya untuk mengurangi emisi CO2. Pada praktiknya, ini berarti mengurangi konsumsi bahan bakar mobil. Bosch 48-Volt dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Misalnya, sel-sel lithium-ion yang Bosch gunakan, walaupun sangat kompak, tetapi juga berfungsi mengurangi CO2.

    Aki inovatif 48-Volt ini distandardisasi untuk memudahkan integrasi dengan model-model kendaraan baru dari mobil kompak, mobil mini sampai mobil mikro. Keterjangkauannya juga memungkinkan powertrain dengan cepat menjadi hibrida.

    Pemanfaatkan sistem pengereman regeneratif
    Sistem pengereman merupakan salah satu elemen terpenting dalam peralatan keselamatan pada kendaraan. Namun patut diketahui bahwa, sistem pengereman melahirkan emisi karbon. Kebanyakan polusi partikulat  dari lalu lintas disebabkan oleh jalan, ban dan keausan rem.

    Menurut badan lingkungan negara Jerman, rem dan ban bertanggung jawab atas 32 persen emisi partikulat dari kegiatan mengemudi. Kira-kira setengahnya berasal dari debu rem. Karenanya, mengurangi debu rem secara signifikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas udara, terutama di kota-kota besar.

    Sistem pengereman regeneratif memungkinkan pemulihan energi pengereman alih-alih menggunakan rem gesekan, menjadikan pengereman bebas dari emisi. Mesin pembakaran yang lebih efisien membutuhkan solusi bebas vakum modular dan terukur untuk sistem pengereman.

    Penggerak Roda dari Sistem Motor Listrik
    Sistem powertrain hemat energi adalah solusi utama untuk menjawab tantangan energi dan perubahan iklim. Mesin pembakaran internal yang dioptimalkan dan sistem penggerak listrik juga memiliki peran besar untuk masa depan mobilitas perkotaan, dan terus mengembangkan serta meningkatkan kedua jenis powertrain tersebut.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id