Maling Roda Mobil

    Viral Maling Ban Mobil, Modusnya Komponen Gampang Jual

    Ahmad Garuda - 30 Januari 2020 16:41 WIB
    Viral Maling Ban Mobil, Modusnya Komponen Gampang Jual
    Maling roda mobil kini sedang marak, lantaran ini komponen yang palking gampang dijual dan juga akan laku. Istimewa
    Jakarta: Maling roda mobil kini sedang ramai lagi. Ada yang roda mobilnya diambil cuma 1 ada juga yang keempat-empatnya diambil dan hanya disisakan tumpukan paving block untuk mengganjal as roda. Lalu mengapa roda menjadi marak sekarang ini?

    Satriawan Agung Prabowo, Corporate Public Relation Officer WPS bengkel khusus ban mobil dan komponen aki di Fast Pancoran, Jakarta Selatan, menegaskan bahwa ini adalah komponen yang cukup gampang dijual. Ia bahkan menegaskan bahwa ban dan velg-velg itu tak membutuhkan waktu lama untuk dijual dalam kondisi seken.

    "Ban apalagi sama dengan velg, itu cukup gampang dipasarkan dalam kondisi bekas pakai. Kalau ban kan cukup gampang melihat kondisinya, yaitu kembangannya masih ada, masih mulus dan velg masih bagus. Dijual Rp2 juta juga untuk satu set itu gampang benar lakunya dan kalau kondisinya istimewa tidak akan ditawar," klaim pria Satriawan Agung yang akrab disapa Tumenggung itu kepada medcom.id.

    Ia juga menegaskan bahwa sebenarnya maling ban mobil seperti ini bukan lagi hal baru. Di awal 1990-an, modus tersebut pernah terjadi namun sekian lama tak terjadi, ternyata ngetop lagi di awal 2020 ini. Tentu ini patut diwaspadai lantaran niat mereka yang ingin mencuri roda mobil Anda, juga dikerjakan dengan cara yang cukup rapi.

    "Jadi ternyata yang bisa ngetop kembali itu bukan saja dalam dunia fashion. Namun juga dalam tren atau modus yang dilakukan oleh maling. Bermodalkan kunci roda saja, satu set ban sudah bisa mereka dapatkan. Misalnya 2 set untuk satu hari saja lalu mereka jual dengan Rp2 juta, ya sehari mereka sudah dapat Rp4 juta."

    Ia juga menegaskan bahwa harga Rp2 juta untuk satu set ban passenger car itu harga yang sudah cukup murah untuk kondisi ban masih bagus dan velg tanpa cacat. Ia mengandaikan bahwa untuk satu pcs ban baru saja buat Avanza katakanlah Rp500 ribu dikalikan empat sudah Rp2 juta. Lalu velgnya katakanlah Rp1 juta untuk 1 pcs, tentu harga yang ditawarkan maling tadi tentu jauh cukup murah.

    Apalagi justru mobil-mobil yang memang cukup banyak beredar di Indonesia seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, NIssan Livina dan juga mobil-mobil citycar seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio dan beberapa lagi lainnya.

    Tentu hal ini patut Anda waspadai, apalagi sedang bepergian ke tempat yang belum pernah Anda datangi. Tentu solusinya cukup gampang, yaitu parkir di tempat parkir resmi dan punya pengawasan CCTV serta gampang Anda pantau.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id