Teknologi Otomotif

    Konsep 1-1-1-1 di Sasis DNGA

    Ekawan Raharja - 13 September 2020 09:00 WIB
    Konsep 1-1-1-1 di Sasis DNGA
    New Tanto jadi mobil pertama yang adopsi sasis DNGA. Daihatsu
    Jakarta: Belakangan ini Toyota sudah mulai memasukan sasis terbaru mereka, Toyota New Global Architecture (TNGA), ke Indonesia melalui model Camry dan CH-R. Tidak ingin kalah dengan sang kakak, Daihatsu juga memiliki teknologi sasis baru yang diberi nama Daihatsu New Global Architecture (DNGA).
     
    Sasis teranyar ini ternyata sudah dikembangkan sejak 2017, dan sudah pernah diperkenalkan di Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 melalui mobil konsep Tanto. Meski belum ada model-model mobil di Indonesia yang mengadopsi sasis ini, tetapi ini adalah sasis Daihatsu untuk masa depan.
     
    Secara garis besar, Jenama asal Jepang ini memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1-1) yang memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Angka ini memiliki arti bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini memperhitungkan segala aspek detail meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien. 
     
    Secara teknis, platform DNGA memiliki banyak keunggulan seperti penerapan seluruh fitur teknologi canggih yang dimiliki, dapat diimplementasikan ke semua model apapun yang telah berbasis DNGA. Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.
     
    Sedangkan bagi pengemudi dan penumpang, sasis ini nantinya akan menawarkan sensasi berkendara yang lebih halus, nyaman, stabil, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, performa lebih maksimal, desain yang stylish dan modern, serta memiliki harga yang terjangkau. Hingga saat ini baru ada 3 model yang mengaplikasikan teknologi ini yakni Tanto, Rocky, dan Taft dimana ke-3 mobil ini belum ada yang diniagakan di Tanah Air.
     
    “Sebagai produsen mobil kompak bagi generasi dan keluarga milenial, kami ingin selalu berinovasi dalam menampilkan mobil model teranyar keluaran Jepang yang menggunakan platform terbaru berbasis DNGA, sehingga masyarakat dapat mengetahui keunggulan dan kecanggihan teknologi mobil kami,” ujar Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, Jumat (11/9/2020) melalui webinar.
     
    Meski demikian, anak usaha Astra ini sudah memberi sinyal bahwa kedepannya bisa saja satu dari ketiga modelnya tersebut bisa diniagakan di Indonesia. Kecuali Tanto yang dipastikan tidak akan masuk ke Indonesia karena statusnya kei car yang tidak cocok untuk masyarakat Indonesia.
     
    "Saat ini kita kasih gambarannya bahwa teknologi terbaru kami DNGA Platform sudah launching di Jepang seperti Tanto, Rocky dan Taft. Tapi tunggu dulu kalau di Indonesia. Kei car tidak cocok untuk karakter Indonesia, untuk Rocky tunggu ya," ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di kesempatan yang sama.

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id