Industri Otomotif

    Kemenperin Imbau Pelaku Otomotif Manfaatkan Penjualan Online

    Ekawan Raharja - 23 Juni 2020 09:22 WIB
    Kemenperin Imbau Pelaku Otomotif Manfaatkan Penjualan Online
    Pelaku IKM Otomotif terus didorong untuk melakukan penjualan secara online selama Pandemik Virus Korona. Tokopedia
    Jakarta: Pandemik Covid-19 yang melanda di Indonesia membuat sektor otomotif terdampak mengalami penurunan, baik untuk seluruh pelaku insan otomotif nasional. Hal ini membuat semuanya harus kreatif memanfaatkan semua sumber daya yang ada untuk bisa tetap bertahan, termasuk menggunakan saluran online.
     
    Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, bahkan sampai-sampai menyerukan #GerakanOtomotifNasional kepada para pelaku otomotif, khususnya para IKM (Industri Kecil Menengah) lokal untuk jual komponen otomotif secara online. Mereka diharapkan bisa memanfaatkan saluran digital untuk tetap bisa memasarkan produknya kepada para konsumen di Tanah Air atau bahkan hingga keluar negeri.
     
    “Kampanye #GerakanOtomotifNasional bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung IKM lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya walau di tengah pandemi melalui platform daring. Inisiatif tersebut juga sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangkitkan kembali semangat pelaku IKM dalam menghasilkan produk otomotif lokal berdaya saing demi memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.”
     
    Agus menegaskan adaptasi dan inovasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, serta mempersiapkan kebangkitan industri nasional dalam menggerakkan roda perekonomian di era normal baru. Sehingga Pemerintah juga memiliki harapan di sektor otomotif bisa tetap bertahan.
     
    Pada 2019, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, khususnya terhadap PDB non-migas sebesar 3,98 persen. Penjualan daring pun menjadi tumpuan baru bagi para pengusaha lokal otomotif untuk terus menjaga pertumbuhan usaha.
     

    Gandeng Tokopedia untuk Menyukseskan #GerakanOtomotifNasional

    Kemenperin pun akhirnya menggandeng Tokopedia untuk bisa menyukseskan #GerakanOtomotifNasional, dan program ini akan berlangsung pada 22-29 Juni 2020. Masyarakat dapat menemukan berbagai kurasi produk otomotif, inspirasi kisah pegiat usaha lokal otomotif binaan, serta informasi lebih lanjut terkait kampanye melalui halaman khusus. Situs penjualan daring ini juga memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha lokal mengembangkan usahanya sekaligus menjangkau lebih banyak masyarakat.
     
    Saat ini, terdapat lebih dari 8,3 juta penjual di situs penjualan daring buatan Indonesia itu yang 94 persen penjualnya berstatus skala ultra mikro. Jika dibandingkan dengan Januari lalu, tercatat 7,2 juta penjual dan artinya ada lebih dari 1,1 juta masyarakat yang baru memulai menciptakan peluang bisnis daring lewat situs tersebut.
     
    CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan, “Sejalan dengan fokus Tokopedia dalam #JagaEkonomiIndonesia, kampanye #GerakanOtomotifNasional ini merupakan salah satu komitmen kami bersama para mitra strategis dalam memastikan pelaku industri otomotif lokal, dapat terus menjalankan bisnisnya secara online, sekaligus menjaga perputaran roda ekonomi Indonesia di tengah pandemik ini.”



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id