teknologi otomotif

    Mengenal Teknologi DCT, Transmisi dengan Koping Ganda

    Ekawan Raharja - 06 Februari 2020 11:58 WIB
    Mengenal Teknologi DCT, Transmisi dengan Koping Ganda
    All New Kia Seltos. Audy
    Pantai Indah Kapuk: Teknologi transmisi otomatis kini banyak ditawarkan dengan beragam teknologi, mulai dari transmisi otomatis konvensional dengan torque converter atau Continuously Variable Transmission (CVT) yang banyak digunakan. Selain itu, masih ada juga teknologi Dual-Clutch Transmission (DCT) yang memang masih jarang digunakan di mobil-mobil Rp500 juta ke bawah.

    Sekarang ini, teknologi ini ditawarkan oleh All New Seltos yang bermain di compact SUV di bawah Rp500 juta. Mobil produksi India ini menggunakan transmisi DCT 7 percepatan, dan satu-satunya jika dibandingkan kompetitornya. Lantas bagaimana kerja sistem transmisi ini serta apa saja keunggulannya?

    Import Logistic and Liaison Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Harry Yanto, menjelaskan sesuai namanya DCT dirancang dengan memakai kopling ganda baik itu kering atau basah.  Teknologi ini diklaim memberikan tenaga yang lebih responsif dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    "Karena dia pakai kopling, mau tidak mau putaran antara mesin dengan transmisi itu perbedaannya kecil sekali. Sehingga waktu injak gas lebih responsif dan tingkat konsumsi bahan bakar bisa lebih baik," terangnya lagi.

    Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh transmisi ini adalah perpindahan halus antar transmisi menjadi nilai lebih yang ditawarkan. Selain itu, All New Seltos yang mengusung 7 percepatan membuat ratio antar transmisi semakin kecil sehingga bisa menghasilkan perpindahan transmisi yang halus untuk menunjang kenyamanan mengemudi.

    "Kalau matik biasa dia pakai torque converter. Dia masuk gigi satu, gigi dua belum menyambung. Begitu pindah ke gigi dua, terasa perpindahan bunyi 'glek' gitu. Tapi kalau dual clutch, gigi satu masuk, dua udah siap-siap masuk. Begitu satu lepas, dua masuk, tiga udah siap-siap masuk," terang Harry.

    Untuk sekarang ini, di kelasnya All New Seltos memang tidak ada yang menggunakan transmisi model DCT. Sebut saja Honda HR-V, Mazda CX-3, dan Toyota CH-R tidak menggunakan transmisi ini, dan menggunakan teknologi lainnya seperti transmisi manual atau CVT.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id