Xpander cross Bakal Makan Pasar Xpander? Ini Kata Mitsubishi

    Ahmad Garuda - 12 November 2019 20:30 WIB
    Xpander cross Bakal Makan Pasar Xpander? Ini Kata Mitsubishi
    Segmen Xpander dikatakan bakal terganggu oleh kemunculan produk baru ini, namun dinilai masih cukup wajar. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Peluncuran Mitsubishi Xpander cross di Intercontinental Hotel pada Selasa (12/11/2019), dikatakan sebagai salah satu langkah fenomenal bagi brand tersebut. Lantaran banyak bocoran yang beredar di masyarakat tentang foto-foto dan spekulasi soal segmentasi yang disasar mobil tersebut.

    Lebih jauh lagi, ada juga yang membahas soal kekhawatiran mereka bahwa segmen baru yang ditempati Xpander cross ini bakal memakan segmen pasar small MPV mereka yaitu Xpander. Menurut Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, bahwa memang akan terjadi kanibalisasi segmen dan itu wajar.

    "Sebenarnya kanibalisasi segmen amtara satu jenis kendaraan dengan jenis lainnya, itu pasti akan ada dan wajar terjadi. Tapi tentu ini bukan urusan konsumen. Justru dari sisi mereka ini justru bagus, karena ada tambahan pilihan kendaraan yang bisa mereka sesuaikan dengan kebutuhan," ujar Nakamura San.

    Ditambahkan oleh Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro, bahwa perbedaan segmentasi antara kedua produk mereka itu cukup terlihat.

    "Menurut hasil studi kami terdapat perbedaan dari sisi segmentasi, targeting dan positioning, segmen small MPV dan low SUV, memiliki kemiripan akan demografi dan sisi kebutuhan keluarga yang nyaman. Namun perbedaannya, dari sisi emosional. Low SUV mereka ingin tampil yang lebih maskulin untuk mendukung gaya mereka. Dari sisi posisi, status dan petualangan," ujar Irwan saat menyampaikan presentasinya.

    Ia melanjutkan bahwa Xpander cross memiliki karakter yang kurang lebih merupakan penyempurnaan dari beberapa kelebihan yang dimiliki small MPV mereka. Kelebihan yang diambil adalah desainnya, kemampuan melakukan light offroad lantaran ground clearance yang tinggi.

    Hal ini pula yang membuat mereka tetap optimis dengan pasar mobil yang mereka sebut mengisi ceruk pasar baru mereka yang selama ini masih kosong, bisa meraih hasil bagus. Lebih mengejutkan lagi, lantaran mereka sudah menyiapkan program yang tak kalah heboh dari Xpander di 37 titik penyelenggaraan acara.

    Tentu strategi ini mau tak mau wajib mereka jalankan, mengingat Honda yang mencoba mengusik Toyota Rush dan Daihatsu Terios melalui BR-V, kini penjualannya semakin menurun. Bisa dibilang, salah satu faktor penyebabnya adalah, aktifitas penjualan dan program yang sangat minim terhadap kendaraan tersebut. Apakah Xpander cross mampu memecah dominasi Toyota dan Daihatsu? Kita tunggu saja nanti hasilnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id