Masalah Transmisi, Disinyalir jadi Penyebab Mobil Presiden Mogok

    Ekawan Raharja - 06 September 2019 15:21 WIB
    Masalah Transmisi, Disinyalir jadi Penyebab Mobil Presiden Mogok
    Mobil Kepresidenan Indonesia-1 yang dipakai Jokowi mogok di Taman Digulis, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (6/9/2019). Antara Foto/Rana Larasati
    Jakarta: Mobil yang ditumpangi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, diketahui kembali mogok di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Kamis (5/9/2019). Meski belum ada pernyataan resmi kenapa mobil tersebut mogok, namun ada kemungkinan permasalahan di transmisi.

    Menurut informasi yang beredar, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard mengalami kehilangan tenaga ketika transmisi dipindahkan ke posisi mundur. Menurut Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matic di bilangan Bintaro, Hermas Prabowo, menjelaskan bisa saja masalah ini disebabkan oleh kerusakan transmisi matic 5-percepatan yang digunakan oleh mobil tersebut.

    "Bila informasi ini benar, tentu ini akibat kegagalan kerja transmisi matic. Bisa kegagalan kerja komponen mekanik, hidrolis, kelistrikan maupun sistem dengan catatan bila transmisi maticnya belum pernah perbaikan total/overhaul," tulisnya melalui akun facebook pribadinya.

    Masalah Transmisi, Disinyalir jadi Penyebab Mobil Presiden Mogok

    Lebih lanjut dijelaskan, transmisi matic memiliki umur pakai. Sekalipun perawatannya bagus tetap akan rusak bila working hournya sudah tercapai, atau jarak tempuh sudah mencapai batas maksimal.

    Hermas juga menerangkan kalau transmisi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan model yang dipakai oleh mercedes-Benz lainnya. Namun ada kemungkinan ada sedikit perubahan mengingat komponen ini digunakan mobil presiden.

    "Biar nggak malu-maluin, baiknya mobil lama ini ditinggalkan saja. Ganti yang baru," lanjutnya.

    Pemerintah memang berencana untuk mengganti mobil dinas kepresidenan dengan Mercedes-Maybach S600 Guard dalam waktu dekat. Mengingat S600 Pullman Guard yang digunakan oleh Presiden Jokowi sudah berusia lebih dari 10 tahun.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id