Teknologi Otomotif

    Belum Menyerah, Volkswagen Segera Kenalkan Mesin Diesel Baru

    Ekawan Raharja - 03 Februari 2020 16:08 WIB
    Belum Menyerah, Volkswagen Segera Kenalkan Mesin Diesel Baru
    Mesin diesel dengan kode EA 288 EVO sudah menggunakan Twin-Dosing Technology. Motor1
    Jerman: Kasus dieselgate yang menerpa Volkswagen beberapa tahun lalu tampaknya tidak membuat mereka jera menghadirkan mobil dengan mesin diesel. Bahkan mereka mengklaim menghadirkan mesin diesel yang jauh lebih bersih dan ramah lingkungan, sehingga yakin lolos dari uji standar emisi gas buang kendaraan.

    Menurut Motor1, mereka dalam waktu dekat ini akan memperkenalkan mesin diesel dengan kode EA 288 EVO sekaligus bersamaan dengan teknologi baru yang diberi nama Twin-Dosing Technology. Volkswagen menilai cara ini adalah cara baru mengurangi kadar emisi gas buang mesin dieselnya secara signifikan.

    Lebih detailnya, teknologi ini menggunakan sistem konverter katalitik terbaru ditunjang injeksi ammonia. Penggunaan teknologi itu menghasilkan rangkaian mesin TDI dengan kadar emisi terendah. Nantinya, terdapat dua tahapan berbeda dalam kinerja sistem konverter katalitik dengan sistem injeksi Ammonia yang bisa menekan kadar emisi Nitrogen Oksida mesin.

    Belum Menyerah, Volkswagen Segera Kenalkan Mesin Diesel Baru

    Merek asal Jerman ini menyebut kinerja sistem ini dapat menurunkan kadar emisi Nitrogen Oksida (NOx) sebanyak 80 persen, sehingga berujung pada kadar emisi lebih rendah. "Dalam konverter katalisator tersebut, injeksi amonia bereaksi dengan nitrogen oksida sehingga mengubah komponennya menjadi air dan nitrogen," kata keterangan resmi VW seperti dilansir dari laman Motor1.

    Pabrikan raksasa ini juga menyebut berdasarkan pengujian yang dilakukan mesin TDI ini, berada jauh di bawah permintaan standar Euro 6 diesel yang akan datang. Selain itu penggunaannya diharapkan berjalan efisien serta memberi kekuatan dan torsi optimal bagi kendaraan diesel buatan Volkswagen nantinya.

    Tentu sejak kasus dieselgate, banyak yang memprediksi Volkswagen akan kapok mengembangkan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) dan beralih ke mobil listrik. Namun siapa sangka kalau mereka tetap mengembangkan ICE untuk bensin dan diesel, berbarengan dengan teknologi mobil listrik.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id